2015-08-05_20.06.432015-08-05_20.07.13

ADAKITANEWS, Jombang – Sejumlah pemuda yang tergabung dalam Angkatan Muda Nahdlatul Ulama (AMNU) menggelar aksi unjuk rasa di perempatan Kebonrojo Jombang, Rabu (5/8/2015). Mereka meminta agar NU kembali ke Khitah 1926 seratus persen. Selain itu, AMNU juga meminta pelaksanaan muktamar NU bebas dari intervensi parpol (partai politik) dan money politik.

Demontrasi yang digelar saat panitia Muktamar NU menggelar sidang Pleno penetuan sembilan nama Ahwa itu dilakukan sambil membentangkan poster tuntutan. Mereka melakukan orasi secara bergantian sembari mengibarkan bendera NU (Nahdlatul Ulama). Aksi sekelompok pemuda NU itu tepat berada sekitar 500 meter dari lokasi Muktamar.

Salah satu pendemo, Umam, meminta, siapapun yang terpilih menjadi Ketua Umum PBNU periode 2015 -2020, wajib mengembalikan NU kepada jati dirinya, yakni bukan hanya organisasi yang memperhatikan faham keagamaan. Namun NU harus menjadi organisasi yang peka terhadap kondisi sosial dan kebangsaan.

“Kalau intervensi partai disini ada desas-desus saja tapi kami tidak membuktikan sebagaimana mestinya, namun kekhawatiran kami sebagai warga Nahdliyin berharap jangan sampai ada. Kami menolak atau mencegah terjadinya kemunkaran. Itu lebih baik daripada mengobatinya”, kata Umam, saat demonstrasi di perempatan Kebonrojo, Jombang, Rabu (05/08/15).

Menurut Umam, dalam sejarahnya, NU adalah organisasi yang sangat memperhatikan kebangsaan dan sosial. Maka tidak heran, banyak kyai NU yang punya andil besar dalam melahirkan NKRI. Pasalnya, Kata Umam, cikal bakal NU berasal dari Nahdlatul Wathan (kebangkitan kebangsaan). Untuk itu, NU harus tetap konsisten dengan sejarahnya.

Aksi yang dilakukan AMNU ini banyak menyita perhatian pengguna jalan. Bahkan beberapa penggembira Muktamar yang sedang melintas, ikut bergabung dengan aksi mereka. Karena itu pula, aksi turun jalan yang dilakukan AMNU tersebut mendapat pengawalan ketat dari petugas kepolisian.(Tari/Jati)

Keterangan Foto : Unjuk rasa sekelompok pemuda AMNU ( Angkatan Muda NU ) ditengah-tengah tahapan pelaksanaan Muktamar NU di Perempatan Kebonrojo Jombang.