ADAKITANEWS, Kota Kediri – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenristek Dikti Prof Dr. Ainun Naim bersama Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar meresmikan langsung Kampus 4 Universitas Nusantara PGRI (UNP) Kediri di Jalan Lintasan Nomor 7 Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, Sabtu (18/02) sekitar pukul 08.00 WIB.

Prof Ainun Naim dan Walikota Kediri bersama petinggi YPLP UNP Kediri diantaranya Profesor Sugiono, Dr Yuli Sulaksono Ketua Yayasan YPLP UNP Kediri, Dr Sulistiono Rektor UNP Kediri dan pejabat lainnya. Peresmian kampus 4 ini juga diisi dengan pemaparan materi langsung oleh Prof Ainun Naim. Pasalnya, tamu yang hadir banyak juga dari kampus kampus yang ada di Kediri dan Jawa Timur.

Kepada media, Prof Ainun Naim menegaskan bahwa kampus UNP Kediri sudah legal dan menjadi satu-satunya kampus percontohan di Indonesia. “Ijazah yang dikeluarkan oleh UNP Kediri sudah Sah. Selain itu untuk keabsahan dan legalitas juga menuju ke lebih baik, yang terpenting menurut saya Mahasiswa yang dihasilkan dapat berguna bagi masyarakat secara luas sesuai dengan kapasitasnya masing-masing,” cakapnya.

Peringkat UNP Kediri yang sudah masuk dalam 20 besar kampus terbaik se Indonesia mendapat apresiasi tersendiri dari Prof Ainun Naim. Selain itu, rasio Dosen dan mahasiswa yang sudah normal mendapat apresiasi tersendiri dari Prof Ainun Naim. Dari sekitar 8000 mahasasiswa UNP sudah memiliki lebih dari 250 Dosen pengajar.

“Saya berharap tidak hanya 9 prodi yang sudah terakreditasi B, tapi semuanya atau 100 persen sudah terakreditasi minimal B,” jelas Prof Ainun Naim.

Menanggapi harapan tersebut, Dr. Sulistiyono berjanji akan bekerja keras demi mewujudkan harapan Sekjend Kemenristek Dikti tersebut. Menurutnya, hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi dirinya demi menciptakan pendidikan yang berkualitas. Bahkan, Dr. Sulistiyono mengungkapkan, kesiapannya menjadikan UNP Kediri untuk bersaing di tingkat Nasional.

“Semuanya harus bekerja bersama setelah beberapa tahun lalu kampus UNP Kediri menjadi kepompong, kini sudah saatnya kita menjadi kupu-kupu yang indah. Dengan memberikan pendidikan yang berkualitas demi masa depan anak bangsa,” ujarnya.

Sementara, Abdullah Abu Bakar Walikota Kediri mengungkapkan kontribusi yang selama ini diberikan oleh kampus UNP Kediri terhadap Pemerintah Daerah. Menurutnya, keberadaan UNP Kediri tersebut sangat penting untuk masyarakat Kediri. Selain meningkatkan dari sisi pendidikan, masyarakat juga diuntungkan dengan pemasukan dari sisi ekonomi.

“Kontribusi UNP Kediri terhadap Pemerintah Daerah ini sangat besar. Saat ini, Persik menggunakan labnya dari sini (UNP Kediri) juga mulai dari tes fisik hingga kesehatan pemain dibantu oleh UNP Kediri. Lalu, beberapa kerjasama yang akan kita bicarakan nantinya,” jelasnya.

Mas Abu sapaan akrab Walikota Kediri mengingatkan kepada masyarakat khususnya Kota Kediri bahwa kampus UNP Kediri sudah legal. Menurutnya, kualitas pendidikan kampus UNP Kediri juga sudah diakui sebagai salah satu yang terbaik di Kediri.(Adv/Kdr4)

Keterangan Gambar : Prosesi peresmian kampus 4 UNP Kediri.