width=

ADAKITANEWS, Nganjuk – Warga Dusun Petung Ulung Desa Margopatut Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk mengikuti pembukaan Sekolah Rakyat, Kamis (09/06). Dengan memanfaatkan lokasi di sekitar kawasan wisata setempat, diharapkan Sekolah Rakyat tersebut bisa menjadi tempat untuk menggali potensi masyarakat sekitar.

Selain melibatkan masyarakat dan karang taruna, dibukanya Sekolah Rakyat juga menggandeng berbagai pihak. Diantaranya kalangan DPRD Kabupaten Nganjuk, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Pertambangan dan Energi (Indagkoptamben), Dinas Pertanian, Dinas Peternakan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Kehutanan, dan pihak-pihak lain.

Bambang, Camat Sawahan dalam sambutannya berharap agar seluruh warganya terus menimba ilmu tanpa terbebani usia. Menurut Bambang, ilmu wajib untuk terus dicari bagi jiwa yang masih hidup. “Jiwa yang masih hidup wajib mencari ilmu seumur hidup, baik formal maupun non formal,” ungkapnya.

Masyarakat dari berbagai usia yang hadir dalam acara itu tampak antusias mengikuti jalannya acara. Ke depan, Sekolah Rakyat akan digunakan sebagai lokasi menimba ilmu bagi masyarakat sekitar dan rencananya akan dilaksanakan setiap hari Senin hingga Kamis. Lokasi belajar, tidak harus di Gazebo yang telah disediakan, melainkan bisa langsung terjun ke lapangan sesuai bidang yang digeluti.

Raden Heny R, Kepala Dinas Indakoptamben Kabupaten Nganjuk mengungkapkan jika pihaknya akan mendukung kegiatan ini. Dia juga menegaskan siap mendukung produk hasil karya calon peserta didik agar bisa lolos uji kelayakan dan bisa bersaing di pasar. “Kita pasti akan dukung,” ujarnya.

Sementara itu, Siti Nurimama, tokoh penggerak Sekolah Rakyat mengajak para warga untuk tetap menjunjung nilai edukasi. Siti berpendapat, sebanyak apapun bantuan yang diterima dari pemerintah tidak akan berdampak banyak tanpa diimbangi edukasi dari penerima bantuan. “Banyak yang menerima bantuan tapi tidak bisa memanfaatkan dengan baik. Itu akan beda jika para penerima bantuan paham akan pemanfaatan bantuan tersebut secara efektif berdasarkan nilai edukasi,” tuturnya.(*/Jati)

Keterangan Gambar : Saat pembukaan Sekolah Rakyat di Sawahan Kabupaten Nganjuk