ADAKITANEWS, Blitar – Usaha yang dilakukan warga Kabupaten Blitar dari tahun ke tahun semakin beraneka ragam. Tetapi hingga saat ini, berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Blitar sektor perdagangan masih tetap mendominasi usaha di Kabupaten Blitar.

Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Blitar, Sunariyo mengatakan, berdasarkan hasil sensus ekonomi tahun 2016 disebutkan jika sektor perdagangan besar maupun kecil, reparasi serta perawatan mobil dan sepeda motor sebanyak 69.332 usaha atau sekitar 47,97 persen dari total 144 ribu lebih usaha di Kabupaten Blitar. “Data ini kita ambil dari sensus ekonomi tahun 2016 lalu,” katanya, Jumat (10/11).

Sunariyo menjelaskan, mayoritas masyarakat Kabupaten Blitar bekerja sebagai pedagang, sehingga sektor perdagangan masih terus mendominasi. Pihaknya mencatat, untuk jumlah usaha menengah kecil sebanyak 68.716 perusahaan. Sementara usaha menengah besar ada 616 perusahaan.

“Untuk sektor lain yang juga cukup besar diantaranya industri pengolahan sebesar 19,62 persen yang rata-rata pengolahan makanan,” jelasnya.

Sunariyo menuturkan, untuk usaha terbesar ketiga di bidang penyediaan akomodasi makan dan minum. “Total saat ini ada 15 jenis usaha yang berkontribusi di bidang ekonomi di Kabupaten Blitar,” imbuhnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Sunaryo,Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Blitar.(foto : fathan)