ADAKITANEWS, Jombang – Rencana Pemerintah Kabupaten Jombang untuk menggelar seleksi jabatan eselon II bakal dilakukan pasca hari raya Idul Fitri 2017 mendatang. Hal itu disampaikan Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko saat melantik 275 pegawai Pemerintah Kabupaten di aula Bung Tomo Pemkab Jombang, Jumat (09/06).

Bupati menyampaikan bahwa untuk menggelar seleksi jabatan tersebut, pihaknya mendapat persetujuan terkait Panitia Seleksi (Pansel) dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). “Persetujuan pansel dari Kemen PAN-RB sudah turun, dan akan kami laksanakan seleksi setelah lebaran,” ungkap Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko saat diwawancarai sejumlah awak media usai acara pelantikan.

Nyono menambahkan, untuk mekanisme seleksi nanti akan dilaksanakan lelang terbuka. Dalam artian, siapapun bisa mengikuti proses pencalonan untuk jabatan eselon II. Sementara untuk tim panselnya sendiri Bupati Jombang mengungkapkan bahwa tim pansel berasal dari Kementerian PAN-RB, Provinsi dan Kabupaten, serta dari akademisi dan tokoh masyarakat.

“Mekanismenya nanti akan kita lakukan lelang terbuka dengan diseleksi oleh 5 tim pansel,” imbuhnya.

Tidak sampai disitu, Bupati Jombang juga menambahkan bahwa setelah lulus seleksi nantinya calon pejabat itu akan diusulkan ke Kemen PAN-RB melalui Gubernur. Baru setelah itu turun lagi untuk disetujui dan ditugaskan menduduki 8 jabatan eselon II yang kosong di Kabupaten Jombang. “Setelah hasil seleksi keluar nantinya akan diusulkan ke Kementerian PAN-RB melalui Gubernur yang nantinya akan menghasilkan putusan,” jelas Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko.(ar)

Keterangan gambar: Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko saat diwawancarai.(foto:adi rosul)