ADAKITANEWS, Kota Madiun – Menindak lanjuti terbitnya Perwal nomor 11 tahun 2017 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Dinas Pendidikan Kota Madiun mengadakan sosialisasi kepada seluruh Kepala TK, SD, dan SMP, baik negeri atau swasta, maupun lembaga pendidikan setingkatnya se-Kota Madiun. Sosialisasi tersebut dilaksanakan di Gedung Dinas Pendidikan Kota Madiun, Jalan Mastrip, Jumat (09/06).

Kabid Pendidikan Dasar Heri Wasana menyampaikan, sosialisasi diadakan untuk menyamakan pemahaman serta persepsi dalam menghadapi PPDB tahun ajaran 2017/2018. “Untuk Kota Madiun, PPDB tahun ini semuanya sudah memakai sistem online, baik SD maupun SMP,” jelas Heri Wasana.

Dengan dipakainya sistem online ini, siswa ataupun orangtua tidak perlu datang ke sekolah yang diinginkan, namun cukup mendaftar dari rumah, warnet, ataupun media lainnya. Bahkan bagi siswa yang belum memiliki atau belum paham dengan sistem ini, Heru menegaskan bahwa nantinya akan ada operator yang siap membantu di setiap sekolah.

Diselenggarakannya sosialisasi tentang PPDB Online menurut Heri, merupakan ajang penyamaan visi serta misi serta untuk menyeragamkan tata cara PPDB yang semestinya. Karena Perwal sendiri, lahir setelah adanya peraturan Menteri Pendidikan nomor 17 tahun 2017 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru TK, SD, SMP, SMA, SMK dan yang sederajat.

“Bisa kami sampaikan jika kebijakan Kemdikbud tanggal 20 April 2017, penerapan zona penerimaan PPDB untuk SD dan SMP memperhatikan jarak sekolah dengan radius 5 atau 6 kilometer,” jelas Heri.

Rencananya, untuk pendaftaran sekolah negeri baik SD maupun SMP akan dimulai tanggal 17 Juni 2017 hingga 20 Juni 2017, dan pengumumannya pada tanggal 23 Juni 2017. Sementara untuk tahun ajaran baru akan dimulai tanggal 17 Juli 2017 mendatang.(bud)