ADAKITANEWS, Sidoarjo – Puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo ‎ke-159, diramaikan dengan agenda kegiatan Carnival Pesona Delta, yang menampilkan berbagai keanekaragaman di Sidoarjo, Minggu (18/03) pagi.

Pawai diberangkatkan langsung Bupati Sidoarjo, H Saiful Ilah dari parkir timur Alun-alun Sidoarjo, Jalan A Yani Sidoarjo dan finis di GOR Delta Sidoarjo.‎

Sejak pukul 06.00 WIB, Jalan A Yani Sidoarjo sudah ditutup dan dipenuhi ratusan peserta pawai dengan kostum-kostum menarik. Kegiatan tersebut, diikuti oleh 27 peserta dari unsur OPD, Kecamatan, instansi vertikal, organisasi masyarakat, bahkan dari Kabupaten lain.

Karnaval Budaya tahun ini merupakan yang keempat kalinya sejak digelar pertama kali tahun 2015 lalu. ‎Sebagai penutup, bahkan ada penampilan dari drumband Genderang Seruling Gita Jala Taruna dari Akademi Angkatan Laut (AAL).

Pembukaan Sidoarjo Delta Carnival, ditandai dengan pemukulan hadrah oleh Wakil Bupati Sidoarjo, Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sidoarjo, dengan diikuti penampilan Hadrah Ishari NU yang membentuk formasi 159.

Suara “Genderang Bahari” Drumband dari SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo, juga terlihat mengawali perjalanan pawai, disusul penampilan dari BPPD dan BPKAD bertemakan kisah Dewi Sekardadu, kemudian RSUD Sidoarjo yang menampilkan sejarah Prasasti Kamalagyan, kemudian Dinas Tenaga Kerja yang menampilkan kisah Joko Walang Tinunu dan Pangeran Pandelegang.

Abah Saiful, sapaan akrab Bupati Sidoarjo, mengaku bangga atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Hal itu karena para pesertanya bukan hanya dari wilayah Sidoarjo saja namun juga diikuti beberapa Kabupaten di Jawa Timur diantaranya dari Kabupaten Tuban yang menampilkan The Greatest of Jenggolo dan Kabupaten Trenggalek yang menampilkan Cantrek (Cah Rantauan Trenggalek).

‎“Pada kreasi seni yang ditampilkan dalam Sidoarjo Delta Carnival oleh para peserta ini merupakan cerminan keberaneka ragaman budaya yang dimiliki oleh Kabupaten Sidoarjo,” Kata Abah Ipul.‎

Sementara itu selaku Ketua Panitia acara, Wakil Bupati Sidoarjo, H Nur Ahmad Syaifuddin, SH, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan pada setiap peringatan Hari Jadi Kota Sidoarjo dengan melibatkan para peserta dari beberapa usur mulai dari OPD, Forkopimda, Instansi Vertikal hingga organisasi masyarakat.

“Acara ini adalah sebagai salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sidoarjo, yang merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo,” terangnya.

Sekadar diketahui, dalam acara tersebut juga turut hadir Gubernur AAL, Laksamana Muda Wuspo Lukito, Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo, unsur Forkopimda, Pimpinan Bank Jatim Cabang Sidoarjo, serta para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.(sid3)

Keterangan gambar : Pawai budaya “Carnival Pesona Delta” di hari jadi Kabupaten Sidoarjo ke-159 di alun-alun.(ist)

https://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/03/180318-sid3-sidoarjo-carnival-2.pnghttps://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/03/180318-sid3-sidoarjo-carnival-2-150x150.pngREDAKSISeni Budayaadakitanews,Berita,sidoarjo,sidoarjo carnival
ADAKITANEWS, Sidoarjo – Puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo ‎ke-159, diramaikan dengan agenda kegiatan Carnival Pesona Delta, yang menampilkan berbagai keanekaragaman di Sidoarjo, Minggu (18/03) pagi. Pawai diberangkatkan langsung Bupati Sidoarjo, H Saiful Ilah dari parkir timur Alun-alun Sidoarjo, Jalan A Yani Sidoarjo dan finis di GOR Delta Sidoarjo.‎ Sejak pukul...