ADAKITANEWS, Sidoarjo – Rangkaian kegiatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sidoarjo yang bekerjasama dengan DPRD Kabupaten Sidoarjo, dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan ditutup dengan acara Seminar Fotografi Jurnalistik, di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Sidoarjo, Jumat (25/11).

Kegiatan seminar yang menghadirkan narasumber Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo, H Sullamul Hadi Nurmawan dan fotografer senior, Yuyung Abdi tersebut merupakan rangkaian acara bertajuk “Nasionalisme Pemuda dalam Bingkai Foto”, yang juga diisi dengan Lomba Foto Jurnalistik, Lomba Foto Selfie/Wefie, serta Lomba Menulis Esai.

Tak hanya dihadiri oleh ratusan siswa, pecinta fotografi dan mahasiswa dari Sidoarjo pun terlihat antusias mengikuti kegiatan seminar tersebut.

Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo, H Sullamul Hadi Nurmawan mengatakan kegiatan seminar itu merupakan wadah penyampaian aspirasi melalui fotografi, khususnya bagi pelajar dan mahasiswa di Sidoarjo. “Dengan wadah aspirasi ini, maka kita akan tahu apakah penting seni fotografi bagi adik-adik pelajar dan masyarakat umum,” ujar Ketua Dewan yang akrab disapa Gus Wawan ini.

Sementara, Yuyung Abdi, yang juga merupakan salah satu fotografer senior media nasional menegaskan, dunia fotografi bagi dirinya dulu sangatlah asing. Namun ketika mencoba memotret dan terus memotret, maka ada hal beda yang didapatkannya.

“Semakin banyak memotret, maka semakin banyak pengalaman yang saya dapatkan,” ujarnya.

Di akhir acara, juga diumumkan juara dari lomba-lomba yang digelar. Untuk juara lomba Fotografi Jurnalistik, diraih oleh Lutfi Abdillah dari SMA Insan Cendikia Mandiri dengan hadiah trofi serta uang tunai sebesar Rp 3 juta. Juara 1 lomba foto selfie/wefie, diraih oleh Dwiki Sayoga Putra, warga Sidoarjo yang kuliah di Surabaya, dengan hadiah trofi dan uang senilai Rp 1,5 juta, dan juara 1 lomba Menulis Esai diraih oleh Selvi Sehiling dari SMKN 2 Buduran dengan hadiah trofi dan uang Rp 3 juta. Sementara, total hadiah dalam rangkaian kegiatan tersebut adalah sebanyak Rp 19.750.000.(kur)

Keterangan gambar: Yuyung Abdi, saat memberikan paparan di seminar fotografi jurnalistik. Foto pemenang lomba foto jurnalistik dan selfie.(foto: kurniawan)