Senkom Ikutkan 3.000 Personel Amankan Ramadan dan Lebaran

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Sekitar 3.000 personel Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri siap dilibatkan dalam keamanan dan ketertiban saat bulan Ramadhan dan perayaan Lebaran tahun 2016 mendatang. Ribuan personel itu nantinya akan disebar di setiap pos keamanan Polri se-Indonesia.

Ketua Umum Senkom Mitra Polri Pusat, H M Sirot mengatakan, sama seperti tugas Senkom selama ini yakni ikut membantu keamanan dan ketertiban masyarakat. Pihaknya siap menerjunan anggotanya membantu Polri. “Kami ini Ormas Sosial yang tugasnya ikut membantu kamtibmas. Terkait Ramadahn dan Lebaran, kami siapkan anggota kami untuk membantu di setiap pos keamanan se-Indonesia,” ujarnya usai menghadiri acara Workshop Peningkatan Kapasitas Kinerja Senkom Mitra Polri Kabupaten Sidoarjo di kantor Bakesbangpol Sidoarjo, Sabtu (28/05).

H M Sirot menambahkan, informasi sementara akan ada sekitar 1.000 pos keamanan. Namun, nantinya keikutsertaan Senkom Mitra Polri akan menyesuaikan jumlah pos yang ada. “Kita sesuaikan jumlah pos keamanannya. Minimal ada 3 anggota di setiap pos,” imbuhnya.

Dijelaskan, Senkom Mitra Polri sebagai Organisasi Massa yang bergerak di bidang sosial memiliki tugas membantu terciptanya keamanan dan ketertiban di masyarakat. Mulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, hingga pusat. Fungsi utamanya, adalah memberikan informasi dengan cepat kepada instansi terkait apabila ada potensi gangguan kamtibmas di wilayahnya masing-masing sehingga penanganannya juga bisa langsung dilakukan.

Kegiatan Senkom sendiri bersifat sosial. Oleh karenanya, syarat utama menjadi anggota Senkom adalah harus memiliki pekerjaan dan penghasilan. “Jadi kalau bergabung menjadi anggota fokusnya untuk mengabdi. Tidak untuk mencari uang,” pungkas H M Sirot.

Sementara diketahui, dalam kegiatan workshop yang diikuti oleh sekitar 240 anggota Senkom se-Kabupaten Sidoarjo, diharapkan mampu meningkatkan kinerja anggota Senkom khususnya dalam keseharianya membantu kamtibmas. Rencananya, kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari tersebut akan ditutup dengan agenda pembaretan seluruh agenda berikut pemberian 30 rompi bantuan dari Polres Sidoarjo.(*/kur)

Keterangan gambar: Penyematan lencana secara simbolis oleh Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin. (bawah) Ketua Senkom Mitra Polri Pusat, HM Sirot.(foto: kurniawan)

Recommended For You