Kediri(adakitanews.com)—Asrul Huda (28) warga Desa Gadungan Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri, diamankan petugas Buser Satreskrim Polres Kediri. Asrul alias Jenduk ditangkap karena melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan dengan menggadaikan mobil rental milik Henoch Kuncoro (39) warga Desa Bendo Kecamatan Pare Kabupaten Kediri.

Kasat Reskrim Polres Kediri, AKP Gilang Akbar, korban melaporkan kejadian penipuan dan penggelapan pada 19 Maret lalu. “Setelah dilakukan serangkaian penyelidikan, pelaku berhasil kami amankan” tutur AKP Gilang Akbar, Minggu (29/3/2020).

Dikatakan AKP Gilang, awalnya, pelaku mendatangi korban pada bulan September 2018 lalu, dengan bermaksud meminjam mobil Toyota Avanza Veloz nomor polisi (nopol) AG 1147 VH. “Setelah mobil dipinjam oleh pelaku, ternyata mobil tersebut tidak dikembalikan kepada korban,” terangnya.

Karena merasa curiga dan ditipu, korban menanyakan keberadaan mobil tersebut kepada pelaku. Namun, mobil tersebut ternyata digadaikan oleh pelaku tanpa izin dan sepengetahuan korban.

“Jadi, pelaku ini diduga melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan, untuk mendapatkan keuntungan yang diguanakan membayar hutang,” jelas AKP Gilang Akbar.

Atas tindakannya tersebut, pelaku diduga melanggar Pasal 378 dan Pasal 372 KUHP dengan ancaman hukuman penjara paling lama 4 tahun. Barang bukti sementara hanya surat pembiayaan dari salah satu PT.

“Dari hasil penyelidikan, ternyata pelaku ini tidak kali pertama melakukan hal tersebut. Sebelumnya, pelaku juga melakukan tindakan penipuan dan penggelapan, namun antara pelaku dan korban lainnya menyelesaikan kejadian tersebut secara kekeluargaan,” jelas AKP Gilang Akbar.(gar).