ADAKITANEWS, Sidoarjo – Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun 2016 Pemkab Sidoarjo kembali menyediakan angkutan mudik gratis bagi warganya. Hanya saja, terdapat beberapa perubahan rute. Salah satunya 2 bus yang seharusnya berangkat menuju Pamekasan terpaksa dialihan ke jurusan Ponorogo lantaran sepi peminat.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo, Joko Santoso saat dihubungi Tim Adakitanews.com menyatakan ada 25 armada bus yang akan disediakan oleh Pemkab Sidoarjo untuk mengantar para pemudik. Rinciannya untuk jurusan Ponorogo 6 bus, sedangkan jurusan Banyuwangi, Magetan, Jember, dan Trenggalek masing-masing 4 bus. Terakhir, untuk jurusan Blitar, Tuban dan Bojonegoro hanya tersedia masing-masing 1 bus.

Bus jurusan Pamekasan terpaksa dialihkan ke jurusan Ponorogo lantaran sepi peminat. “Kalau yang jurusan Pamekasan dialihkan ke Ponorogo karena tidak ada peminat. Awalnya Ponorogo hanya ada 4 bus. Lalu ditambah dari Pamekasan yang tidak jadi berangkat, ada 2 bus,” ujarnya, Rabu (15/06).

Loket pendaftaran mudik gratis oleh Pemkab Sidoarjo sudah dibuka sejak Senin (30/05) lalu dan akan berakhir hingga hari keberangkatan, yakni Senin (04/07 mendatang. Namun, para pemudik tetap harus segera melakukan pendaftaran lantaran jika kuota tempat duduk telah habis, otomatis tiket mudik gratis juga akan ditutup.

Data terakhir hingga Senin (13/06), dari total 1.375 tempat duduk, sudah terisi sebanyak 972 atau sekitar 71 persen. “Tidak ada batasan pemesanan. Setiap warga bisa mendaftarkan semua anggota keluarganya jika perlu,” ujarnya, Rabu (15/06).

Nila Evi Cahyani, mahasiswi asal Ponorogo yang kuliah di Sidoarjo mengaku sengaja ikut program tersebut lantaran ingin merasakan mudik gratis. Selain tidak ingin susah-sudah mencari armada umum, Nila mengatakan bahwa program mudik gratis bisa menjadi solusi mengatasi kemacetan saat mudik. “Kalau tahun lalu saya kehabisan bus. Sekarang ikut dan untungnya masih ada tempat duduk,” ujarnya.

Diketahui, rencananya program mudik gratis Pemkab Sidoarjo akan diberangkatkan pada Senin(04/07) di alun-alun Sidoarjo langsung oleh Bupati, H Saiful Ilah.(kur)

Keterangan Gambar: Nila Evi Cayani menunjukkan karcis tiket mudik jurusan Ponorogo yang ia pesan.(foto: kurniawan)