ADAKITANEWS, Kediri – Pemerintah Desa Pojok Kecamatan Wates Kabupaten Kediri mendapat acungan jempol dari pihak kecamatan lantaran dianggap telah menggunakan sistem kerja cepat dalam penyerapan anggaran.

Dari 2 sumber dana desa yang digelontorkan Pemerintah pusat meliputi Alokasi Dana Desa (ADD) Rp 219,7 juta, Desa Pojok sudah berhasil menyerap 97 persen anggaran. Serta Dana Desa (DD) sebesar Rp 495,2 juta yang juga sudah diserap sebanyak 76 persen.

“Untuk sesi pertama ADD cair 50 persen dari dana awal Rp 439,4 juta dan DD cair 60 persen dari Rp 825,3 juta. Desa Pojok menggunakan sistem kerja cepat agar semua dapat segera terserap pada sesi pertama ini. Tujuannya tak lain untuk mensejahterakan masyarakat,” cakap Darwanto, Kades Pojok saat ditemui Tim Adakitanews.com di kantornya, Senin (12/06).

Darwanto, sebagai Kades yang baru ini mengaku telah belajar dari Pemerintahan Desa Pojok yang dulu, yang dirasa masih amburadul dan tidak tertata dengan bagus. Ia berharap desa yang dipimpinnya saat ini dapat dijadikan contoh oleh desa-desa yang lain. “Saya tak main-main kalau sudah bekerja dengan disiplin, atas dasar pengabdian untuk masyarakat, toh semuanya ini terlaksana dan masyarakat juga dapat merasakan imbasnya. Mungkin ini adalah berkah bulan suci Ramadan,” ujarnya.

Darwanto, pria yang suka menunggangi motor trail ini mengaku sangat bangga dengan masyarakatnya, lantaran penyelenggaraan Pemerintah Desa dapat terlaksana dengan kekompakan masyarakat yang mendukung penuh agar dapat terselenggaranya Pemerintah desa.

Terpisah, Sekretaris Kecamatan Wates, Sigit Sutanto saat ditemui Tim Adakitanews.com mengatakan, memang dari 16 Desa di Kecamatan Wates Kabupaten Kediri, Desa Pojok yang sudah terlebih dahulu melaksanakan pembangunan.

“Dari 16 desa info terakhir kalau saya tidak lupa sudah ada beberapa yang menyerap ADD dan DD. Alasannya yang belum bisa menyerap sebab Kadesnya yang sedang sakit. Saya acungkan jempol untuk Desa Pojok yang sudah terlebih dahulu melaksanakan pembangunan,” pungkasnya.(udn)

Keterangan gambar : Kades Pojok, Darwanto (batik), saat meninjau lokasi pengaspalan jalan di desa setempat.(foto:fasihhuddin kholili)