ADAKITANEWS, Kota Kediri – Satgas Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Kota Kediri menggelar aksi bagi-bagi 1.000 puisi untuk memperingati hari ibu. Aksi tersebut dilaksanakan di Jalan Brigjen Polisi IBH Pranoto Kelurahan Bangsal Kecamatan Pesantren Kota Kediri, Jumat (22/12).

Ketua Satgas PPA Kecamatan Pesantren, Hartono menyatakan, acara yang dilakukan kali ini adalah untuk memberi pesan kepada masyarakat, khususnya pada momen hari ibu. Puisi yang dibagikan kepada pengguna jalan tersebut, adalah puisi yang dibuat oleh beberapa siswa dari tingkaSD, SMP hingga SMA di Kecamatan Pesantren.

“Puisi yang dibagikan ini adalah puisi dari anak- anak yang dibuat untuk para ibu untuk menyampaikan pesan terima kasih kepada para ibu di Kota Kediri,” ujarnya.

Hartono mengaku bahwa saat ini masyarakat Kota Kediri belum begitu mengenal Hari Ibu. Padahal, perlu ada upaya refleksi sebagai simbol ungkapan terima kasih dan perhatian kepada sosok ibu. “Sebagian masyarakat belum mengenal Hari Ibu ini. Maka dari itu PPA dengan acaranya ini ingin memberitahukan kepada masyarakat bahwa Hari Ibu ini harus kita peringati, harus kita refleksikan, karena peran ibu ini sangat penting di masyarakat,” sambungnya.

Di tempat yang sama Mutmainnah, salah satu peserta yang mengikuti acara ini mengatakan kegiatan pembagian seribu puisi tersebut adalah sebagian dari refleksi Hari Ibu untuk menghormati sosok ibu yang jasanya tidak pernah bisa digantikan.

“Kita berusaha untuk menghormati ibu. Salah satunya dengan cara mengucapkan terima kasih kita terhadap ibu, yang telah membesarkan kita. Dan kita juga mencoba memahami penderitaan beliau tentang bagaimana ibu menjaga kita, mengandung kita dengan penuh kasih sayang. Jadi rasa Hormat rasa sayang kita tunjukkan semua kepada ibu,” tuturnya.

Mutmainah juga berpesan kepada seluruh ibu di Kota Kediri untuk tetap semangat dalam menjalani aktivitas sebagai seorang ibu. “Untuk para ibu saya Mutmainnah mengucapkan selamat Hari Ibu. Sukseslah menjadi ibu. Dan tetap berbahagialah menjadi ibu,” tutupnya.(kdr1)

Keterangan gambar : Satgas PPA sedang membagikan lembaran puisi.(foto: muchlis ubaidhillah)