Sering Dilanda Bencana, Pemkab Bentuk Forum PRB

708

ADAKITANEWS, Kediri – Forum Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Kabupaten Kediri akhirnya dibentuk. Selain selama ini belum ada, dibentuknya PRB tersebut adalah lantaran beberapa bulan ini, wilayah Kabupaten Kediri sering dilanda bencana. Baik longsor, banjir, maupun bencana lainnya.

Forum PRB terbentuk dari gagasan berbagai pihak. Diantaranya beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Advokat, PT Gudang Garam Tbk., dan POKJA Kabupaten Kediri.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provisi Jawa Timur, Drs Bambang Agus Legowo mengatakan, saat ini untuk Kabupaten Kediri sangatlah penting agar membentuk Forum Pengurangan Risiko Bencana (PRB). Alasannya antara lain adalah karena wilayah Kabupaten Kediri baru-baru ini sering dilanda musibah bencana alam, seperti tanah longsor, banjir bandang, jembatan jebol, dan lain sebagainya.

“Beberapa hari ini juga terkena musibah bencana jembatan jebol. Maka dari itu sangat penting bagi Kabupaten Kediri memiliki Forum PRB ini,” cakapnya.

Dikatakan Bambang, selama ini penanganan bencana hanya ada ketika bencana baru terjadi. Namun hal itu akan bisa diminimalisir dengan terbentuknya PRB di semua wilayah Kabupaten Kediri. “Menurut saya ini penting, kalau sebelum adanya bencana kita sudah siap untuk mengurangi risikonya. Sebenarnya beberapa tempat sudah ada PRB, akhirnya Kabupaten Kediri juga dapat membentuk Forum PRB juga,” tutup Bambang Agus Legowo.(kdr4)

Keterangan gambar : Drs Bambang Agus Legowo (kiri), beserta narasumber saat acara pembentukan Forum PRB.(foto:fasihhuddin kholili)