width=

ADAKITANEWS, Blitar – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar, Heru Irawan mengatakan sesuai dengan surat keputusan dari Bupati Blitar yang menyebutkan bahwa untuk siaga banjir di Kecamatan Sutojayan ditetapkan hingga pertengahan bulan Maret.

“Untuk peringatan siaga banjir di Sutojayan ditetapkan hingga pertengahan bulan Maret ini. Itu juga sudah mengacu pada surat dari Bupati,” kata Heru, Jumat (03/03).

Penetapan siaga banjir ini, kata Heru, sampai saat ini sudah terhitung hampir 5 bulan. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya banjir.

“Peringatan siaga banjir ini sudah berlangsung hampir 5 bulan ini. Selama itu juga sifatnya masih siaga banjir dan bisa juga berubah menjadi darurat jika banjir kembali terjadi di Sutojayan. Dan biasanya status darurat banjir hanya berlaku selama 5 hari,” jelasnya.

Heru menambahkan, pihaknya akan terus lakukan pemantauan di beberapa lokasi yang berpotensi terjadi banjir maupun potensi bencana yang lainnya. “Tidak hanya di Sutojayan, tetapi wilayah lainnya yang berpotensi banjir dan juga bencana tetap kita pantau,” imbuh Heru.

Untuk diketahui, banjir di wilayah Kecamatan Sutojayan terjadi hampir setiap tahun. Meskipun sudah ada upaya normalisasi sungai, namun banjir masih tetap terjadi.(blt2)

Keterangan gambar : Kabupaten Blitar.(google.com)