ADAKITANEWS, Blitar – Monitoring pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di Kabupaten Blitar dilakukan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah melalui Komisi IV di hari kedua, Rabu (03/05).

Dalam pelaksanaan UN pada tanggal 2, 3, 4, dan 8 Mei, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar Susi Narulita mengatakan, hasil monitoring di hari kedua pada Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) maupun Ujian Nasional menggunakan kertas dan pensil (UNKP) tidak terjadi masalah.

“Artinya semua berjalan lancar sesuai harapan semua pihak. Kita juga harapkan, di hari ke-3 dan 4 nanti juga tidak ada masalah,” kata Susi, Rabu (03/05) siang.

Menurut Susi, Dinas Pendidikan melalui sekolah-sekolah sudah mengawali antisipasi jika terjadi masalah pada pelaksanaan UN berbasis kertas maupun komputer. Seperti pembekalan melalui try out atau uji coba sebelum pelaksanaan ujian.

“Di hari kedua ini kami memonitor di dua SMP yang menggunakan komputer, yakni SMP 1 Ponggok dan SMP 1 Udanawu. Dimana kedua SMP ini melaksanakan UN di SMK Negeri 1 Udanawu. Karena di SMK ini sudah memiliki fasilitas yang memadai,” jelasnya.

Untuk monitoring selanjutnya, kata Susi, akan dilakukan di wilayah pinggiran seperti di Kecamatan Wates dan Bakung. “Kita akan melakukan monitoring di wilayah pinggiran. Karena kita harapkan, penggunaan komputer pada Ujian Nasional di Kabupaten Blitar bisa menyeluruh,” paparnya.

Susi menambahkan, Ujian Nasional yang menggunakan komputer memang dirasa lebih efisien. Untuk itu pihaknya akan mengupayakan memenuhi fasilitas di sekolah-sekolah agar bisa menggelar UNBK di sekolahnya masing-masing. “Kita akan usahakan, karena ini sangat positif kita akan berupaya melengkapi fasilitasnya,” imbuhnya.(blt2)

Keterangan gambar: Suasana monitoring di SMK 1 Negeri Udanawu.(foto : fathan)