width=

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Dewan Pengupahan Kabupaten Sidoarjo rencananya bakal mengusulkan Upah Minimum Kabupaten (UMK) tahun 2017 sebesar Rp 4,078 juta.

Jumlah usulan UMK tersebut disampaikan oleh Ketua Persatuan Pekerja Buruh Sidoarjo, Sukarji saat dikonfirmasi Tim Adakitanews.com, Rabu (02/11) malam. Sukarji mengatakan, usulan tersebut masih akan diajukan ke Bupati untuk mendapat persetujuan. “Sekarang, Dewan Pengupahan masih melakukan pembahasan soal UMK. Kalau di Sidoarjo, usulannya Rp 4,078 juta,” ujarnya.

Ditambahkan Sukarji, UMK di tiap-tiap Kabupaten/Kota baru akan ditetapkan pada 21 Nopember mendatang, atau 40 hari sebelum awal tahun 2017. Sementara, data yang keluar pada 1 Nopember kemarin adalah Upah Minimum Provinsi (UMP) Jawa Timur, yang ditetapkan oleh Gubernur berdasarkan UMK terendah. “UMK baru akan ditetapkan nanti 40 hari sebelum masuk tahun 2017. Yang kemarin tanggal 1 Nopember itu adalah UMP di Jawa Timur dan masih ditolak oleh kawan-kawan buruh di Jawa Timur,” imbuhnya.

Seperti diketahui sebelumnya, pada Selasa (01/11) lalu, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo telah menetaplan UMP Jawa Timur sebesar Rp 1.388.850.(kur)

Keterangan gambar: Aksi demo buruh Sidoarjo saat Mayday.(dok. Adakitanews.com)