width=

Kediri(adakitanews.com)—Petugas unit Reskrim Polsek Ringinrejo mengamankan seorang pemuda bernama Arik Luis David warga Desa Bedali Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri, Minggu (25/4/2021). Pemuda berusia 26 tahun ini diamankan lantaran menyimpan serbuk bahan untuk petasan.

Kapolsek Ringinrejo AKP R. Didik Sigit melalu Kasi Humas Polsek Ringinrejo Aipda Edi Susilo menuturkan awal mula penangkapan pelaku itu.

Awalnya, pihaknya melaksanakan patroli antisipasi balap liar serta ronda menggunakan sound sistem keliling desa se kecamatan Ringinrejo.

“Pada saat melintas di jalan raya tepatnya di simpang empat balai desa Batuaji kami menghentikan rombongan sekelompok pemuda yang melintas,”tutur Aipda Edi Susilo.

Kemudian petugas melakukan penggledahan badan terhadap rombongan pemuda itu. Diketahui dari rombongan pemuda salah seorang pemuda yakni Arik menyimpan dua biji petasan yang disimpan di dalam jaket yang siap untuk disulut.

“Kami melakukan pengecekan ponsel milik pelaku. Ternyata digaleri foto ponsel milik pelaku ini ada serbuk petasan,”ucap Kasi Humas.

Diungkapkan Aipda Edi Susilo, petugas kemudian mengamankan pelaku dan dibawa ke rumah pelaku untuk melakukan penggeledahan. Dirumah pelaku yakni dilamarnya, petugas menemukan 4 plastik serbuk petasan masing-masing 0.5 kilogram dengan jumlah total 2 kilogram serbuk petasan.

Selain itu, 2 biji petasan siap sulut, 20 helai sumbu petasan masing-masing dengan panjang per 1 meter dan 50 biji gulungan kertas belum diisi serbuk petasan.”Barang bukti itu milik pelaku dan rencananya akan disulut,” ungkap Kasi Humas.

Masi kata Kasi Humas, pelaku kemudian digelandang ke Mapolsek Ringinrejo guna proses hukum lebih lanjut. Saat ini pelaku dimintai keterangan guna penyelidikan lebih lanjut.

“Pelaku terjerat Pasal 1 Ayat (1) UU Darurat No.12 tahun 1951. Untuk barang bukti serbuk bahan untuk petasan kami berkoordinasi dengan Unit Jibom Den – C Kediri,”jelas Aipda Edi Susilo.(gar).