ADAKITANEWS, Kediri – Aksi sindikat spesialis pencuri rumah kosong yang kerap beraksi di 5 kota termasuk Kediri, akhirnya terhenti usai mendapat hadiah timah panas dari petugas jajaran Polres Kediri.

Kapolres Kediri, AKBP Sumaryono, SH, SIK, MH, dalam pers rilis yang digelar di Mapolres Kediri mengatakan, komplotan pencuri tersebut merupakan hasil tangkapan anggota Satreskrim Polres Kediri pada 1 Juni hingga 4 Juni 2017 lalu. “Total ada 3 tersangka,” ujar Kapolres.

Para pelaku tersebut diantaranya, Kolik, warga Jalan Jatisari RT 2/RW 6 Desa Pepelegi Kecamatan Waru Kabuten Sidoarjo yang saat ini berdomisili di Desa Gedangsewu Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, Moch Suhendra, warga Jalan Romo Dusun Parerejo Desa Gedangsewu Kecamatan Pare Kabupaten Kediri, dan M Samsul Huda warga Jalan Kertajaya RT 2/RW 11 Desa Sekoto Kecamatan Badas Kabupaten Kediri.

Dari tangkapan tersebut, petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa 3 buah Laptop, 20 gram gelang emas, 9 buah power bank, 19 butir amunisi hampa, 20 jam tangan, 2 ons perhiasan berbagai bentuk dan uang tunai sebesar Rp 5 juta.
“Ketiga pelaku diketahui telah melakukan aksi pencurian di rumah kosong di 50 TKP berbeda, diantaranya di wilayah Kediri, Blitar, Jombang, Trengalek, dan Tulungagung,” imbuhnya.

Dijelaskan Kapolres, modus pelaku yakni dengan mencari rumah kosong setelah itu menelusuri sasaran dengan mencongkel jendela dan pintu. “Dari hasil keuntungan tersebut barang bukti dijual dan digunakan untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga dan untuk minum-minuman keras serta main perempuan,” imbuhnya.

Atas perbuatannya, tersangka dikenakan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara serta dijerat Pasal UU darurat yang mana menyimpan amunisi dengan ancaman 20 tahun penjara.

“Saat ini petugas masih melakukan proses dan mendalami keterlibatan serta peran dari masing-masing tersangka. Tersangka terpaksa dilumpuhkan kaki kanannya karena mencoba melarikan diri dari tempat persembunyiannya di Desa Gedangsewu,” pungkasnya.(kdr9)

Keterangan gambar: Kapolres Kediri, AKBP Sumaryono saat menunjukkan barang bukti.(foto: taufiqur rachman)