ADAKITANEWSIMG_1801-3IMG_1786-1, Tulungagung – Siswa kelas IX SMPL Santa Maria Tulungagung, mendapat perlakuan istemewa dari adik kelasnya. Mereka mendapat bonus bingkisan kue dan minuman gratis sebelum masuk ke ruang ujian. jatah makanan ringan berupa kue donat dan minuman teh hangat disediakan pihak sekolah melalui pengurus OSIS setempat di pintu gerbang kedua memasuki halaman sekolah setempat. Para adik kelas juga membagikan kue donat dan minuman teh langsung kepada siswa kelas IX yang belum sempat sarapan.

Kepala Sekolah SMPL Santa Maria Tulungagung, Yasinta Maria mengatakan tradisi pemberian kue dan minuman yang dilakukan oleh siswa kelas VII dan VIII ini sudah berlangsung sejak 3 tahun lalu. Setiap ujian nasioanl, para siswa selalu mendapat jatah kue dan minuman dari adik kelas. “Layanan ini kami sediakan untuk membantu siswa yang mungkin saat berangkat dari rumah belum sempat sarapan,”ujarnya.

Yasinta juga menambahkan, selain memberi tambahan energi pada peserta UN, program layanan tersebut juga bertujuan untuk menumbuhkan sifat kepedulian siswa terhadap rekan-rekannya yang sedang mengikuti ujian nasional. Karena itulah program penyediaan makanan dan minuman gratis tersebut didelegasikan pada siswa kelas VII dan VIII, melalui perwakilan pengurus OSIS.

Mereka tidak hanya diberi mandat untuk membagikan kue dan minuman gratis setiap menjelang pelaksanaan UN, tetapi juga terlibat langsung dalam penggalangan dana untuk biaya pengadaan makanan dan minuman gratis tersebut.”Biaya program kepedulian ini seluruhnya merupakan hasil patungan siswa kelas VII dan VIII. Kami ingin mendidik siswa agar memiliki kepedulian terhadap sesama sekaligus menguatkan ikatan antar alumni kelak,” jelasnya.

Salah seorang siswa yang menjadi panitia pembagian kue dan minuman gratis menjelang UN di SMPK Santa Maria, Vany mengatakan, penggalangan dana untuk kegiatan itu bersifat sukarela dan hanya ditujukan bagi siswa yang berasal dari keluarga yang mampu.

“Setiap siswa, kami sepakati patungan sebesar Rp50 ribu. Namun ini hanya untuk mereka yang berasal dari keluarga mampu, yang tidak mampu tidak wajib. Besarannya juga fleksibel,” tuturnya. (Bram).

Keterangan Gambar : Pembagian Kue adik kelas kepada kakak kelas yang akan mengikuti UN di SMPL Santa Maria Tulungagung, sebagai bentuk dukungan kepada kakak kelas mereka yang akan mengikuti ujian