Sita Puluhan Ton Beras Yang Dicuci Dengan Pemutih

ADAKITANEWS, Blitar – Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polres Blitar mengerebek tempat penggilingan beras sekaligus gudang poles beras milik Sujoko, 40, warga Desa Tepas Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar. Gudang tersebut digerebek usai diketahui memakai cairan pemutih pakaian untuk memutihkan beras di gudang rumahnya, Selasa (30/05).

Dari hasil keterangan penyidikan diketahui jika tersangka melakukan aksinya dengan cara mencampurkan cairan pemutih pakaian jenis bayclin pada beras yang diproduksinya, sehingga beras yang awalnya berwarna kecoklatan berubah menjadi putih. Sementara diketahui jika proses produksi ini diedarkan di wilayah Blitar dan beberapa daerah di luar kota.

Kapolres Blitar, AKBP Slamet Waloya mengatakan, hasil keterangan di lokasi kejadian penggerebekan tersangka sudah melakukan kegiatan tersebut sejak 3 tahun silam. “Proses produksi beras pelaku dengan membersihkan dan memutihkan beras, sehingga menambah nilai ekonomis beras tersebut,” kata AKBP Slamet Waloya, Selasa (30/05).

Menurut AKBP Slamet, modus yang dilakukan pelaku yakni mencampur air bersih 10 liter dengan 2,5 liter cairan pemutih bayclin. Kemudian diaduk dan dimasukan ke dalam 2 buah jeriken kapasitas 5 liter, kemudian beras dicampurkan. “Total ada 9 ton beras yang sudah diberi pemutih dan siap edar, sedangkan yang masih belum diproduksi sekitar 15 ton, berhasil kami amankan dari tempat penggilingan milik pelaku,” papar Kapolres Blitar.

Untuk diketahui, pelaku dikenakan pasal 136 huruf a dan b UU RI nomor 18 Tahun 2012 tentang pangan. Untuk ancaman pidana paling lambat 5 tahun atau denda paling banyak Rp 10 miliar. Serta pasal 62 ayat (1) Jo, Pasal 8 ayat (1) huruf a UU RI nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen yang berbunyi pelaku usaha dilarang memproduksi dan atau memperdagangkan barang atau jasa yang tidak memenuhi atau tidak sesuai dengan standar yang dipersyaratkan dan ketentuan undang-undang.

Hasil pantauan Tim Adakitanews.com, saat ini gudang sudah dipasang garis polisi dan tersangka diamankan guna proses pemeriksaan lebih lanjut.(blt2)

Keterangan gambar: Suasana penggerebekan beras ilegal oleh tim Satgas Pangan Polres Blitar.(ist)

Recommended For You