Situs Adan-Adan Kembali Digali Bakal Jadi Objek Edukasi Wisata Sejarah di Kediri

Kediri(adakitanews.com)—Situs Adan-Adan yang berada di Dusun Genuk Desa Adan-Adan Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri kembali digali oleh pihak Dinas Kebudayaan kabupaten setempat.

Ekskavasi kali ini diperuntukkan guna memperlihatkan bagian situs yang nantinya akan diundang sebagai wisata edukasi sejarah.

“Ekskavasi kali ini lebih kepada pengembangan dan pemanfaatan situs Adan-Adan sebagai objek pariwisata,” kata Eko Priyanto Kepala Bidang Sejarah dan Purbakala Disparbud Kabupaten Kediri, Sabtu (12/11/2022).

Aktivitas yang dilakukan bekerjasama dengan pihak Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) ini dimulai sejak Selasa (8/11/2022) kemarin berfokus kepada objek makara yang sebelumnya juga telah dilakukan penggalian pada tahun lalu.

Menurutnya, salah satu nilai yang bisa diambil dari objek tersebut yakni, bentuk lidah api yang berada di bagian atas Makara diadopsi menjadi inspirasi terciptanya pakaian khas Kabupaten Kediri.

“Berdasarkan penelitian awal yang layak untuk dijadikan edukasi kepada masyarakat yaitu dua makara dan satu arca Dwarapala,” jelasnya.

Adapun untuk mempermudah dalam proses pengawasan, pihak dinas juga bekerjasama dengan masyarakat sekitar dan pemilik lahan sebagai juru pelihara (jupul).

Diharapkan dengan diperlihatkannya situs ini, bisa menambah ilmu pada generasi muda, seperti belajar pada motif atau pola batik, seni rupa dan sejenisnya. Selain itu, bisa memberdayakan masyarakat dengan melakukan kegitan acara positif di sekitar situs.

“Selama ini orang yang datang selalu bingung karena situsnya belum diperlihatkan, dengan digalinya ini maka pengunjung bisa mendapat inspirasi dan manfaat, serta melihat langsung situs tersebut,” ungkapnya.(Gar).

Recommended For You