width=

Kediri(adakitanews.com) — Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri masih menunggu petunjuk teknis (juknis) terkait vaksinasi terhadap orang dengan kategori lanjut usia (lansia).

Pasalnya, sampai saat ini Pemkot Kediri juga masih belum mendapatkan informasi tersebut, termasuk ketidaktahuan kapan vaksinasi untuk lansia akan dilaksanakan.

Sebagaimana diketahui, pemerintah telah mulai melakukan vaksinasi virus corona (Covid-19) kepada orang dengan kategori lanjut usia (lansia) atau usia di atas 60 tahun, pada Senin (8/2) lalu.

Vaksinasi bagi lansia ini sebagai tindak lanjut dari dikeluarkannya izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terhadap vaksin Coronavac produksi Sinovac.

Vaksinasi akan mulai dilakukan kepada tenaga kesehatan (nakes).

Setelah nakes di atas usia 60 tahun, vaksinasi bagi masyarakat di atas 60 tahun pun akan dilakukan.

Hal itu dilakukan paralel untuk pendataan masyarakat dengan usia di atas 60 tahun.

“Kami masih menunggu juknisnya. Karena sejauh ini juknis dari Provinsi maupun Kemenkes belum ada,” kata dr Fauzan Adima, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kediri.

dr Fauzan menggatakan, jika Dinas Kesehatan Kota Kediri masih fokus menyelesaikan vaksinasi tenaga kesehatan tahap pertama yang telah dimulai sejak Januari lalu. (Oky).