ADAKITANEWS, Tulungagung – Untuk menjamin kelancaran serta keselamatan angkutan Natal, Tahun Baru dan liburan sekolah, Satuan Lalulintas Polres Tulungagung menggelar tes urine terhadap para sopir dan awak bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di terminal Gayatri Tulungagung, Rabu (20/12).

Kegiatan tersebut dilakukan bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Tulungagung dan Rumah Sakit Bhayangkara, serta BNN Kabupaten Tulungagung. “Kegiatan tes urine ini dengan tujuan sebagai kontrol terkait masalah sopir yang akan melakukan tugasnya saat Natal, liburan sekolah dan Tahun Baru,” kata Kanit Dikyasa Satlantas Polres Tulungagung, Iptu Tri Sakti.

Iptu Tri Sakti menyampaikan, pihaknya tidak ingin para sopir ada di bawah kendali narkoba. Dan salah satu langkahnya adalah melakukan tes urine kepada para sopir dan awak bus tersebut. “Dengan kondisi sopir dan awak bus yang bersih dari pengaruh narkoba maupun alkohol, tujuannya agar penumpang merasa nyaman dan selamat sampai tujuan,” imbuhnya.

Tes urine kali itu dilakukan di terminal kedatangan. Begitu bus datang, sopir beserta awaknya langsung diminta untuk dilakukan tes. Mereka disodori tempat untuk mengambil sampel urine. Urine ini kemudian dites, sementara pemiliknya menunggu hasil tes. Proses ini juga dilakukan secara cepat, dan tidak sampai memakan waktu lima menit.

“Ada sekitar 15 sopir yang kami tes. Untuk sementara tak ada yang positif mengandung narkoba. Kegiatan ini akan terus kami lakukan hingga usai musim liburan sekolah,” pungkas Iptu Tri Sakti.(bac)

Keterangan gambar : Sopir dan awak bus saat tes urine.(foto : acta cahyono)