ADAKITANEWS, Tulungagung – Tingginya jumlah pemilih pemula menjadi perhatian sendiri bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung. Program sosialisasi dan edukasi bagi pemilih pemula, terus digalakkan untuk menekan angka golput. Salah satunya dengan menggelar lomba cerdas cermat Pilkada tingkat SMA sederajat, di Balai Rakyat Tulungagung.

Komisioner KPU Tulungagung, Suyitno Arman mengatakan, lomba cerdas cermat ini digelar sebagai salah satu upaya edukasi pilkada kepada para pemilih pemula. Diharapkan pelajar SMA sederajat yang telah memiliki hak pilih dapat ikut berpartisipasi dengan mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) dalam pelaksanaan pilkada serentak 2018.

“Peserta cerdas cermat ini kebanyakan merupakan pemilih pemula yang akan menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada serentak tahun ini. Mereka perwakilan dari sembilan SMA sederajat yang ada di Tulungagung,” kata Komisioner KPU Tulungagung, Suyitno Arman, Sabtu (17/03).

Lanjut Arman, ada tiga materi pokok yang diujikan oleh dewan juri yakni materi kepemiluan, materi ketatanegaraan, dan pengetahuan umum.

“Meskipun masih pelajar namun pengetahuan mereka tentang pelaksanaan pemilihan umum di Indonesia cukup bagus. Pertanyaan yang dilontarkan oleh dewan juri dari komisioner KPU, Panwaslu, dan dinas pendidikan mampu mereka jawab,” katanya.

Sementara, salah seorang peserta lomba cerdas cermat, Monica Ayu, siswi SMKN 2 Boyolangu, menyampaikan kesannya dengan mengikuti lomba cerdas cermat ini, aetidaknya akan mendapat wawasan tentang kepemiluan.

“Dengan mengikuti lomba (cerdas cermat,red) ini secara tidak langsung juga dapat ikut mensukseskan gelaran pilkada serentak 2018 ini,” kata Monica Ayu.

Seusai data jumlah pemilih pemula, di wilayah Kabupaten Tulungagung mencapai 44.978 pemilih. Diharapkan dengan lomba ini, mereka bisa berpartisipasi dengan mengajak pemilih lainnya untuk datang ke tempat pemungutan suara untuk menggunakan hak pilihnya pada 27 Juni mendatang.(bac)

Keterangan gambar : Peserta lomba cerdas cermat.(ist)

https://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/03/adakitanews20180317_232919.jpghttps://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/03/adakitanews20180317_232919-150x150.jpgREDAKSIPolitikadakitanews,Berita,cerdas cermat,kpu,pemilih pemula,Tulungagung
ADAKITANEWS, Tulungagung – Tingginya jumlah pemilih pemula menjadi perhatian sendiri bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tulungagung. Program sosialisasi dan edukasi bagi pemilih pemula, terus digalakkan untuk menekan angka golput. Salah satunya dengan menggelar lomba cerdas cermat Pilkada tingkat SMA sederajat, di Balai Rakyat Tulungagung. Komisioner KPU Tulungagung, Suyitno Arman mengatakan,...