ADAKITANEWS, Sidoarjo – Anton Tanjung, 24, dipastikan akan menjalani hukuman lebih lama di penjara. Warga Perumtas II Blok R3 19 Desa Kalisampurno Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo ini merupakan spesialis tukang tipu di beberapa wilayah Sidoarjo.

Pria yang berprofesi sebagai sopir serabutan itu, diketahui membawa kabur motor bebek Yamaha warna abu-abu milik Dwi Novandra Munawar, 22, warga Desa Kedungkendo, Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Modusnya ia berdalih meminjam motor untuk menjemput istrinya yang berada di Prambon.

Kapolsek Tulangan, AKP Nadzir Syah Basri menjelaskan, awalnya korban dengan tersangka sama-sama kenal. Lalu pada Jumat (10/04) lalu sekitar pukul 17.30 WIB, tersangka mendatangi rumah korban untuk minta diantarkan mengambil motor di Tulangan.

“Permintaan tersangka disetujui korban dan diantarkan ke daerah Tulangan. Tiba di tempat tujuan, tersangka kembali meminta pada korban untuk diantar ke warung kopi di kawasan Gading Fajar. Karena di tempat yang dituju tersebut, orangnya tidak ada di rumah,“ katanya, Rabu (19/04)

AKP Nadzir menambahkan, saat di warung kopi tersangka mendapatkan telepon dari istrinya untuk segera dijemput di Prambon. Dan mereka berdua, akhirnya menuju ke Prambon. “Sampai di Prambon, tersangka mengatakan bahwa istrinya dilarang oleh saudaranya tidak boleh dijemput larut malam. Beberapa saat kemudian mereka berdua kembali lagi, menuju ke warung kopi dekat NFC Desa Tulangan Kecamatan Tulangan sekitar pukul 04.30 WIB,” jelasnya.

Dari situlah, lanjut Nadzir, tersangka melancarkan aksinya ketika korban sedang memesan kopi. Dengan alasan menjemput istrinya, yang sebelumnya di Prambon dijemput tidak mau. “Korban menyerahkan kunci motor, pada tersangka karena merasa kecapekan,“ ungkapnya.

Korban yang ditinggal sendirian di warkop tersebut, menunggu hingga pukul 10.00 WIB. Namun tersangka tidak datang. Bahkan dihubungi melalui ponselnya tidak aktif. Merasa kesal, akhirnya korban melaporkan kejadian yang dialaminya ke Polsek Tulangan.

Kapolsek mengatakan tersangka tertangkap oleh petugas Polsek Tanggulangin dengan kasus yang sama. “Jadi ada warga yang melapor dengan kasus yang sama dan TKP-nya Tanggulangin. Dan Polsek Tanggulangin berhasil menangkapnya. Nanti setelah menjalani hukuman di Polsek Tanggulangin, baru di sini,” katanya.

Tersangka dijerat pasal 378 dan atau 372 KUHP tentang tindak pidana Penipuan dan Penggelapan. Sementara 1 unit motor bebek Yamaha, disita sebagai barang bukti.(sid2)

Keterangan gambar : Tersangaka Anton Tanjung, saat menjalani proses hukum di wilayah Polsek Tanggulangin.(ist)