2015-10-20_19.26.13ADAKITANEWS, Surabaya – Tim Sosialisasi Staf Perencanaan Angkatan Darat (Srenad) yang dipimpin oleh Kolonel Inf Agustinus melaksanakan sosialisasi Bimbingan Teknis (Bimtek) rekonsiliasi, tentang Pencocokan Revisi DIPA Satker Daerah Tahun 2015 di Aula Kodam V/Brawijaya, Selasa (20/10). Sosialisasi yang berlangsung selama 3 hari tersebut dibuka oleh Asren Kasdam V/Brawijaya Kolonel Kav Muslimin Fahsyah, S.E. mewakili Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Sumardi.

2015-10-20_19.26.43Dalam amanat Pangdam yang dibacakan oleh Asrendam V/Brawijaya, Kodam  menyambut baik kedatangan tim dan peserta yang telah hadir dalam kegiatan tersebut. Pangdam berharap, lanjut Kolonel Kav Muslimin Fahsyah, para peserta dapat memperoleh kesamaan pandang dalam membuat dan menyusun laporan keuangan secara benar, transparan dan akuntabel sesuai dengan Sistem Akutansi Keuangan (SAK) dan Sistem Akutansi Instansi (SAI).

Lebih lanjut Pangdam menyampaikan, berdasarkan hasil pengawasan dan pemeriksaan (Wasrik) yang dilaksanakan baik oleh Intern (Inspektorat Kodam V/Brawijaya) maupun Wasrik dari Komando Atas masih saja ditemukan beberapa koreksi dikarenakan kesalahan dalam penyusunan laporan. Dengan kegiatan ini diharapkan ke depan hal-hal yang berkaitan dengan kesalahan dalam penyusunan laporan tidak terjadi lagi sehingga predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) benar-benar dapat dipertahankan

“Penting dipahami bahwa program Bimtek seperti ini merupakan salah satu upaya dari pimpinan TNI untuk mewujudkan prinsip transparansi, dan akuntabilitas dalam setiap pelaksanaan program. Karena itu keberhasilan pencapaian sasaran dalam kegiatan Bimtek ini, tentu menjadi tanggungjawab bagi kita bersama,” ujar Kolonel Kav Muslimin Fahsyah ketika membacakan amanat dari Pangdam.

Sedangkan, Ketua Tim Bimtek membacakan amanat dari Asisten Perencanaan dan Anggaran Kasad Mayjen TNI Wiryantoro NK pada intinya berharap dengan adanya Sosialisasi ini maka Pejabat Perencanaan, Logistik dan Unit Akuntansi Satker serta Pencocokan Revisi DIPA Satker Daerah Tahun 2015 dan Penelaahan DIPA Satker Daerah Tahun 2016 tidak terjadi lagi kesalahan dalam penyajian data baik yang berasal dari Badan Anggaran, Keuangan dan Logistik dalam penyusunan rencana dan laporan.

“Selain itu kegiatan ini harus diikuti secara seksama sehingga penjelasan dan praktek yang disampaikan oleh Tim dapat diterima, dimengerti dan dilaksanakan. Laksanakan seluruh kegiatan Bimtek ini dengan baik dan tanyakan apa yang tidak dimengerti kepada Tim agar dalam pelaksanaan yang sebenarnya tidak terjadi lagi kesalahan – kesalahan yang seharusnya tidak perlu terjadi,” ujar Mayjen TNI Wiryantoro. (Blot/zay).

Keterangan Gambar : Pelatihan tentang sistem pegelolaan anggaran yang baik, transparan dan akuntabel yng digelar di Kodam V Brawijaya