ADAKITANEWS, Kota Blitar – Sebanyak 140 stan menyemarakkan Hari Jadi Kota Blitar yang ke-111 pada kegiatan bazar Blitar Jadul (Jaman Dulu) di alun-alun Kota Blitar selama lima hari mulai Rabu (05/04) hingga Minggu (09/04). Salah satu stan yang dibanjiri pengunjung adalah stand yang dibangun oleh PMI Kota Blitar.

Humas Unit Tranfusi Darah PMI Kota Blitar, Kabianto mengatakan, seperti tahun-tahun lalu bahwa sesuai dengan perintah Walikota, pihaknya harus membuka stan di bazar Blitar Jadul dalam rangka peringatan HUT Kota Blitar. Hal ini dilakukan sebagai sarana sosialisasi kepada masyarakat.

“Masyarakat kan masih banyak yang belum mengenal donor darah. Untuk itu kita sekaligus mensosialisasikan tentang manfaat donor darah ini,” katanya saat dihubungi Tim Adakitanews.com, Sabtu (08/04) sore.

Menurut Kabianto, antusias masyarakat dengan adanya stan donor darah ini sangat luar biasa. Rata-rata pendonor bisa mencapai 40 orang perhari. Bahkan tidak hanya masyarakat Kota Blitar saja. “Kemarin Pak Walikota dan anaknya juga ikut donor. Bahkan ada juga turis asal Inggris yang mau mendonorkan darahnya di stan kami,” pungkasnya.

Saat ditanya motivasi apa yang bisa membuat seorang Warga Negara Asing (WNA) tersebut mau mendonorkan darahnya, Kabianto menyatakan, bahwa WNA yang diketahui bernama Laura ini juga sering melakukan donor darah di negaranya. Sehingga dia sangat peduli dengan kegiatan donor darah di bazar Blitar Jadul ini. “Awalnya saya mengajak bicara dengan turis ini dengan berbahasa Inggris. Dari obrolan ini, saya menjadi tahu kalau dia juga sering melakukan donor di negaranya. Sehingga dia mau mendonorkan darahnya,” jelasnya.

Dengan adanya stan PMI yang juga sebagai sarana sosialisasi, Kabianto berharap masyarakat di Kota Blitar mengetahui, bahwa selain bisa membantu sesama manusia juga bermanfaat untuk kesehatan diri sendiri dan tidak ada pengaruh penyakit menular. “Ya semoga saja dengan adanya upaya sosialisasi ini, masyarakat khususnya di Kota Blitar mengetahui seberapa besar manfaat donor darah,” harapnya.

Untuk diketahui, jumlah stok darah hari ini yang dimiliki PMI Kota Blitar, golongan darah A sebanyak 202, B 343, O 323, dan AB 102.(blt2)

Keterangan gambar: Suasana donor darah di stan PMI Kota Blitar.(ist)