width=

ADAKITANEWS, Blitar – Kunjungan DPRD Kabupaten Blitar bersama Dinas Peternakan dan Perikanan serta Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporbudpar) ke kawasan wisata Penataran di Kecamatan Nglegok khususnya di area Sub Riser ikan hias, berlangsung Selasa (14/03) siang.

Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito Saren Satoto mengatakan, tujuan kunjungan ini adalah untuk melihat pemanfaatan Sub Riser ikan hias. “Sebelum berkunjung kesini, kami sudah melakukan kerja bersama Dinas terkait dan juga Komisi I dan IV untuk membahas bagaimana agar Sub Riser ikan hias ini bisa lebih optimal, karena lokasinya di dekat wisata penataran,” kata Suwito saat diwawancara Tim Adakitanews.com.

Pada intinya, lanjut Suwito, pihaknya mengusulkan agar Sub Riser ikan hias ini menjadi satu kawasan dengan wisata penataran. “Untuk teknisnya nanti, Sub Riser akan tetap menjadi layanan peternak ikan hias. Sedangkan untuk wisata penataran ditambah dengan potensi ikan hias tersebut,” jelasnya.
Setelah melihat lokasi Sub Riser, Dewan langsung melakukan rapat bersama Dinas terkait dan sepakat akan menjadikan Sub Riser ikan hias menjadi satu kawasan wisata penataran.

Sementara itu ditemui secara terpisah, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar, Mashudi mengatakan, pihaknya menyambut positif kesepakatan ini. Karena menurutnya, lokasi ini memang aset Pemerintah Daerah yang dimanfaatkan untuk karantina ikan hias.

“Kita semua sudah tahu kondisi Sub Riser ini juga sudah berjalan. Tapi dengan adanya kesepakatan untuk dimasukkan ke dalam kawasan wisata penataran, itu bisa mengembangkan potensi yang ada. Artinya akan bermanfaat lebih baik lagi,” kata Mashudi, Selasa (14/03).

Mashudi berharap, dengan adanya kolaborasi dengan pihak wisata ini bisa meningkat PAD (Pendapatan Asli Daerah) untuk Kabupaten Blitar. “Ya harapannya bisa menarik pengunjung dan tentunya menambah PAD,” imbuhnya.(blt2)

Keterangan gambar: Suwito Saren Satoto, Ketua DPRD Kabupaten Blitar.(foto : fathan)