ADAKITANEWS, Kota Kediri – Tahapan pengundian nomor urut pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Kediri telah selesai dilakukan, Selasa (13/02) malam. Kini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri mengaku mulai mempersiapkan tahapan kampanye, yang rencananya akan dilaksanakan selama 129 hari sejak Kamis (15/02) hingga Sabtu (23/06) mendatang.

Ketua KPU Kota Kediri, Agus Rofiq menyampaikan, rencananya pada Minggu (18/02) mendatang, akan ada deklarasi kampanye damai dan pawai taaruf berkeliling Kota Kediri. “Nanti serentak di seluruh Indonesia, akan dilaksanakan deklarasi kampanye damai dan pawai taaruf,” ujarnya.

Agus Rofiq juga kembali mengingatkan, terkait baliho dan banner-banner berbau kampanye yang masih terpasang di jalan-jalan di Kota Kediri, agar harus diturunkan atau dilepaskan pada malam ini. “Kemarin sudah ada peringatan dari Panwaslu, bahwa 1x 24 jam sejak penetapan pasangan calon, Senin (12/02) kemarin, alat peraga kampanye harus diturukan,” tegasnya.

Diketahui dalam pengambilan nomor urut pasangan calon yang digelar di Insumo Kediri Convention Center (IKCC), pasangan Aizzudin Abdurrahman – Sujono Teguh Wijaya mendapatkan nomor urut 1, berikutnya pasangan petahana Abdullah Abu Bakar – Lilik Muhibbah mendapatkan nomor urut 2, dan pasangan Samsul Ashar – Teguh Juniadi, mendapatkan nomor urut 3.

Acara yang dihadiri oleh ratusan pendukung dari ketiga pasangan calon tersebut tampak ramai sepanjang acara. Yel-yel dukungan tak henti-hentinya disuarakan para pendukung dan simpatisan.

Bukan hanya di dalam ruang rapat pleno, suasana ramai juga semakin terlihat di halaman gedung. Ratusan pendukung saling bersahutan menyuarakan pasangan calonnya masing-masing. Meski demikian, acara tetap berlangsung tertib dan aman hingga selesai.

Di akhir wawancara, Ketua KPU Kota Kediri, Agus Rofiq menyampaikan harapannya agar Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kediri tahun 2018 dapat berjalan dengan aman dan membahagiakan bagi semua masyarakat. “Harapan kita selaku penyelenggara, semuanya berjalan lancar, aman, tertib, demokratis, dan sangat membahagiakan untuk semuanya,” tutupnya.(kur)

Keterangan gambar: Suasana pengambilan nomor urut pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Kediri tahun 2018.(foto: kurniawan)