ADAKITANEWS, Tulungagung – Persaingan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tulungagung pada Pilkada serentak 2018, tidak saja diramaikan oleh calon yang berasal dari partai politik. Akan tetapi juga dari jalur independen atau perseorangan.

Salah satu calon yang akan maju lewat jalur perseorangan adalah Ketua Paguyuban Warga Tulungagung di Balikpapan Kalimantan Timur, Suparlan. Bahkan, pengusaha properti di Kalimantan Timur ini mengaku telah memperoleh 50 ribu dukungan yang berupa fotokopi KTP.

“Saya optimis sampai akhir bulan (November) ini dukungan minimal untuk pencalonan dalam Pilkada, sesuai yang disyaratkan KPU akan terpenuhi,” kata Suparlan, Rabu (15/11).

Saat dikonfirmasi wartawan di posko pencalonannya di Jalan MT Haryono, Tulungagung, Suparlan mengaku sudah sejak tiga bulan lalu telah melakukan sosialisasi mencari dukungan dari masyarakat dan mengumpulkan fotokopi KTP.

Dalam perolehan dukungan, Suparlan yang asli Tulungagung ini mematok target sebanyak 75 ribu dukungan akan terpenuhi hingga saat mendaftar nanti. Ini berarti lebih banyak dari yang telah ditentukan oleh KPU Tulungagung yang mensyaratkan minimal dukungan sebanyak 63.752 jiwa.

“Dalam upaya sosialisasi, saya lebih banyak terjun langsung ke masyarakat. Karena itu gambar-gambar saya jarang terpasang di tempat umum, seperti halnya yang lainnya. Saya hanya ingin mengabdi pada masyarakat,” ujarnya.

Sementara saat ditanya apakah ia sudah memiliki pasangan untuk maju, Suparlan menjawab bahwa beberapa nama sudah dia pertimbangkan. Namun belum diputuskan siapa yang akan menjadi calon wakilnya.

Sebelum memutuskan untuk maju lewat jalur perseorangan, Suparlan awalnya sudah mendaftar ke sejumlah partai politik yang melakukan penjaringan, namun kenyataannya tidak ada respon.

“Ya gimana lagi, saya sudah mendaftar ke beberapa parpol, tapi mereka tidak memilih saya. Bukan berarti tidak ada komunikasi atau yang lainnya. Tapi parpol kan juga berhak menentukan pilihan, ya tidak apa-apa,” tambah Suparlan yang sejak tahun 1990, menyatakan pensiun dini dari TNI AD.

Sebagaimana tahapan yang disampaikan KPU Tulungagung, bahwa penyerahan syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan dalam Pilkada Tulungagung 2018 mulai 25 sampai 29 November 2017.(ta1)

Keterangan gambar : Suparlan (berdiri) dan aktivitas di Poskonya.(foto : acta cahyono)