ADAKITANEWS, Tulungagung – Surat Pernyataan Kesepakatan Koalisi dukungan untuk Margiono – Eko Prisdianto sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yang diusung oleh sejumlah partai politik beredar melalui jejaring media sosial sejak Rabu (03/01) lalu.

Menanggapi hal ini, tim pemenangan Margiono, melalui Herry Noorista selaku juru bicaranya, menyatakan bahwa pihaknya sudah mengetahui beredarnya surat tersebut, bahkan sempat membacanya. Namun Heery enggan memberi penjelasan tentang kebenaran surat itu.

“Itu bukan ranah kami untuk menjawab karena itu kewenangan parpol,” kata juru bicara tim pemenangan Margiono, Herry Noorista saat di konfirmasi melalui telepon.

Dalam surat tertanggal 3 Januari 2018 tersebut, ditegaskan bahwa koalisi parpol yang terdiri dari Partai Golkar, Gerindra, Hanura, Demokrat, PAN, PKS, PKB, dan PPP, menyepakati untuk mengusung dan mencalonkan Margiono sebagai Bupati dan Eko Prisdianto sebagai calon Wakil Bupati.

Sementara di bagian lain, isinya menjelaskan bahwa surat pernyataan kesepakatan koalisi delapan parpol dibuat oleh jajaran pengurus partai di Tulungagung, sebagai laporan dan pengajuan untuk mendapat rekomendasi dalam Pilkada Tulungagung.

Soal munculnya nama Eko Prisdianto yang disebut sebagai calon Wakil Bupati yang terpilih mendampingi Margiono, Herry membenarkan hal tersebut, meski sampai sekarang belum ada deklarasi. Alasan Eko Prisdianto yang merupakan Kepala Desa Kendal Bulur tersebut, didasarkan pada hasil survey yang memiliki tingkat popularitas dan elektabilitas lebih tinggi dibandingkan dengan 17 nama yang ada dalam survey. Selain saat ini menjabat sebagai Kepala Desa, Eko juga berprofesi sebagai pekerja seni, khususnya seni pedalangan, sehingga lebih dikenal masyarakat.

Sementara, Ketua Umum DPC PKB Tulungagung, menyatakan tidak tahu-menahu urusan beredarnya surat kesepakatan tersebut. Dia membantah tentang adanya surat kesepakatan yang dibuat oleh koalisi partai.

“Kami memang berkomitmen, tapi belum sampai pada penandatanganan kesepakatan. Untuk jelasnya tunggu saja sampai Senin (08/01), akan jelas semua,” jelas Ketua DPC PKB Tulungagung, Adib Makarim.(bac)

Keterangan gambar : Surat Kesepakatan yang beredar di jejaring media sosial dan Partai Koalisi bersama Margiono (tengah berkopiah).(foto : acta cahyono)