width=

ADAKITANEWS, Sidoarjo – Tak dipungkiri, meski telah diberi larangan oleh pemerintah, beberapa tempat hiburan masih tetap nekat buka saat bulan Ramadan. Namun, tidak semua pelaku usaha hiburan seperti itu. Beberapa diantaranya lebih memilih menaati aturan dan rela tutup sebulan penuh selama Ramadan.

Salah satunya Kafe dan Karaoke di kawasan By Pass Juanda. Pemilik usaha karaoke, Khoirul Anam mengatakan dirinya siap menutup usahanya selama bulan Ramadan untuk menghormati masyarakat yang melaksanakan ibadah puasa. “Kami akan tutup selama bulan Ramadan. Untuk menghormati mereka yang menjalankan puasa,” ujarnya, Kamis (02/06).

Ditanya apakah karaoke miliknya akan tetap buka pada malam hari setelah salat tarawih, Khoirul Anam menambahkan, penutupan akan dilakukannya secara total hingga usai perayaan Lebaran 2016 nanti. “Tidak. Kami tutup total selama ramadan. Rencananya mulai tanggal 5 sudah tutup. Tapi tergantung nanti keputusan puasanya mulai tanggal berapa. Pokoknya, kalau sudah tarawih, kita langsung tutup,” tegasnya.

Seperti diketahui, Pemkab Sidoarjo telah mengeluarkan aturan bahwa seluruh tempat hiburan diwajibkan tutup total selama Ramadan. Kasatpol PP Pemkab Sidoarjo, Mulyawan mengatakan pihaknya akan selalu melakukan monitoring terkait aturan tersebut. “Setiap malam akan selalu kami monitor. Kalau kedapatan (tempat hiburan,red) tetap buka, akan langsung kami tutup,” ujarnya saat dihubungi Tim Adakitanews.com, Jumat (03/06).

Tidak hanya itu, Mulyawan juga mengaku akan melakukan patroli di siang hari dan menyasar lokasi-lokasi yang disinyalir masih tetap dijadikan ajang pacaran anak-anak muda. “Siang hari kami juga masih akan lakukan patroli rutin,” imbuhnya.(kur)

Keterangan gambar: Kasatpol PP Pemkab Sidoarjo, Mulyawan. (bawah) Razia gabungan unsur Forkopimka Sedati, Kamis (02/06) malam.(foto: kurniawan)