Kurikulum2013ADAKITANEWS, Kota Kediri -Siswanto Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Kediri mengatakan seluruh Sekolah di Kota Kediri pada tahun 2016 siap menggunakan Kurikulum 2013 (K-13). Pasalnya, pihaknya sudah menyiapkan baik sarana prasanan maupun kualitas guru di Kota Kediri.

“Menyongsong K13 pada tahun 2016, kami sudah siapkan semua. Dan tinggal tindak lanjutnya nanti,” ujar Siswanto kepada tim adakitanews.com, Rabu (21/10)

Siswato mengatakan, pihaknya telah mengikuti program Pemerintah Pusat untuk melakukan pembekalan kepada guru di Kota Kediri. Pembekalan tersebut bertujuan untuk mempersiapkan guru dalam menggunakan K13. “Kami sudah melakukan pembekalan, sampai saat ini sudah tiga angkatan pembekalan K13 itu,” jelasnya

Selain kesiapan kualitas guru, pihak Dinas Pendidikan juga menyiapkan sarana prasana di sekolah-sekolah. Sarana tersebut diantaranya, menambah komputer di setiap sekolah agar mampu megikuti perkembangan Teknologi Informasi (TI). Siswanto menjelaskan, Sekolah Menengah Atas (SMA) sudah menganggarkan untuk melengkapi sarana tersebut. Sedangkan, untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) anggarannya melalui Dinas Pendidikan.
“Sekolah harus mengikuti perkembangan TI, guru mau tidak mau harus bisa mengoperasikan TI. Maka, kami sudah menyiapkan itu semua untuk 2016 nanti,” jelasnya

Hingga saat ini, Siswanto menambahkan, sarana prasana tersebut seluruh SMK di Kota Kediri sudah komplit. Sedangkan, untuk SMA di Kota Kediri sudah ada 3 sekolah yang sarana prasananya komplit. Untuk SMA lainnya, Siswanto berharap, segera mengikuti perkembangan TI agar semua SMA di Kota Kediri siap dengan sistem Online pada tahun depan.
“Target saya, tahun 2016 SMA khususnya Negeri sudah menggunakan sistem online seperti SMK kemarin,” pungkasnya.(zay)

Keterangan Gambar : Ilstrasi Kurikulum K13