Tahun Ajaran Baru, Blitar Siapkan Program 5 Hari Sekolah

ADAKITANEWS, Kota Blitar – Rencana Pemerintah Pusat untuk membuat program full day school mendapat respon dari Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar. Bahkan rencananya, tahun ajaran baru ini Pemkot Blitar akan menjalankan program 5 hari sekolah.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Blitar, Heru Puji Murdianto mengatakan, program ini memang sudah disampaikan oleh Walikota Blitar. Dan saat ini, pihaknya telah membentuk tim sendiri mulai dari jenjang TK, SD, dan SMP untuk membahas mata pelajaran yang akan diajarkan pada 5 hari sekolah, yakni mulai hari Senin hingga Jumat.

“Kita sudah melakukan langkah-langkah untuk mewujudkan program itu. Seperti pembentukan tim untuk membahas pelajaran yang diajarkan selama 5 hari ini,” kata Heru saat ditemui di Balai Kusuma Wicitro Kota Blitar, Senin (22/05).

Heru optimis program ini bisa efisien. Untuk itu pihaknya menargetkan, program tersebut akan mulai dijalankan pada tahun ajaran baru ini. Sementara untuk jam pelajarannya tetap, yakni minimal 37,5 jam selama 5 hari. “Untuk kepastian program ini bisa dijalankan tentu menunggu instruksi dari Walikota. Setelah rapat yang rencananya kita lakukan pada Rabu (24/05), kita akan serahkan hasilnya ke Walikota. Setelah itu rencananya Walikota akan mengumumkannya pada 1 Juni nanti,” jelasnya.

Pada program 5 hari sekolah ini, lanjut Haru, tidak mengubah waktu mengajar guru. Tetapi untuk jenjang TK akan menyesuaikan, sedangkan untuk SD dan SMP harus sampai jam 3 sore. “Program ini kan juga untuk membentuk karakter. Jadi SD dan SMP harus sampai jam 3. Setelah itu mereka kan juga bisa langsung ekstra kurikuler,” paparnya.(blt2)

Keterangan gambar: Heru Puji Murdianto, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Blitar.(foto : fathan)

Recommended For You