width=

ADAKITANEWS, Blitar – Pencairan Dana Alokasi Umum (DAU) untuk Kabupaten Blitar pada tahun 2016 lalu harus ditunda karena beberapa persoalan. Namun pada pertengahan tahun ini Pemkab Blitar DAU yang ditunda tahun lalu bakal dikembalikan sebesar Rp 41 miliar, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Pencairan dari penundaan DAU tahun 2016 sebesar Rp 41 miliar ini akan dimasukkan pada Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) nanti, ya sekitar pertengahan tahun,” kata Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar, Totok Subihandono, Jumat (10/03).

Dengan demikian, lanjut Totok, kedepan tidak akan ada lagi masalah terkait penundaan anggaraan APBN yang dilakukan pada akhir tahun 2016 lalu. “Sudah tidak ada masalah. Karena kan dana yang sempat ditunda itu, sudah dianggarkan kembali tahun ini,” ujarnya.

Saat ditanya terkait penggunaan dana sebesar Rp 41 miliar tersebut, Totok mengaku belum mengetahuinya. Sebab baru akan dimasukkan pada PAK nanti. “Kemungkinan dana ini akan digunakan untuk program-program yang masuk pada PAK nanti. Artinya, penggunaannya akan lebih jelas setelah PAK dilakukan,” jelasnya.

Untuk diketahui, bahwa Kabupaten Blitar merupakan salah satu dari 168 Kabupaten/Kota yang dilakukan penundaan DAU oleh Pemerintah Pusat.(blt2)

Keterangan gambar: Totok Subihandono, Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar.(foto : fathan)