Tak Layak Jalan, 18 Bus di Terminal Madiun Kena Semprit

ADAKITANEWS, Kota Madiun – Sebanyak 18 armada bus yang transit di Terminal Purbaya Madiun disemprit petugas lantaran dianggap tidak layak jalan, Rabu (07/06). Pemeriksaan angkutan massal utamanya bus tersebut dilakukan dalam rangka persiapkan angkutan Lebaran tahun 2017.

Pantauan di lokasi, puluhan armada bus dengan berbagai tujuan yang masuk di Terminal Purbaya Madiun langsung diberhentikan dan diperiksa oleh petugas dari Kementerian Perhubungan. Bus yang diperiksa mulai bus dengan tujuan Surabaya, Solo, Yogyakarta, hingga bus malam.

Ahmad Wahyudi, Kasubdit Promosi dan Kemitraan Direktorat Bidang Keselamatan Kementerian Perhubungan mengatakan, pemeriksaan bus di Terminal Purbaya ini telah dilakukan sejak hari Minggu (04/06) lalu hingga hari ini, Rabu (07/06) atau sudah berlangsung selama empat hari. “Agenda hari ini, kami khusus memeriksa bus malam. Untuk empat hari yang lalu, kami memeriksa bus dengan jurusan Surabaya, Solo, dan Yogyakarta yang transit di Terminal Purbaya Madiun,” kata Wahyudi saat ditemui di Terminal Purbaya Madiun, Rabu (07/06)

Wahyudi menyampaikan, selama pemeriksaan pihaknya telah menilang sebanyak 18 bus. Sedangkan khusus untuk hari ini, pihaknya menilang lima bus malam dari 23 bus yang diperiksa. Wahyudi menuturkan, dari 18 bus yang ditilang ada lima komponen dalam bus yang bermasalah. Yaitu kaca depan, speedometer, kondisi rem, fungsi kemudi, dan ban bus.

Untuk bus yang ditilang, kata Wahyudi, paling banyak karena kaca depan pecah dan lampu sein serta lampu parkir mati. Dalam kasus ini, pengemudi akan diminta memperbaiki bus di lokasi pemeriksaan. “Pemeriksaan bus masih dilaksanakan hingga Kamis (08/06). Setelah pemeriksaan bus ini, nantinya akan dilakukan tes urine bagi sopir bus,” jelasnya.

Lebih lanjut, tujuan dilakukan pemeriksaan ini yaitu untuk mempersiapkan angkutan Lebaran 2017 dan memastikan bus yang beroperasi laik jalan. Selain itu, pemeriksaan ini juga untuk tutorial bagi petugas terminal.(bud)

 

Keterangan gambar: Pemeriksaan bus yang akan keluar dari Terminal Purabaya Surabaya.(dok. adakitanews.com)

Recommended For You