ADAKITANEWS, Sidoarjo – Ratusan Bus yang akan keluar dari Terminal Purabaya (Bungurasih,red) diperiksa kelengkapannya oleh petugas. Hasilnya, hingga Sabtu (25/06) siang, ada sekitar 11 bus yang dilarang beroperasi dan terpaksa keluar dari terminal dengan kondisi kosong tanpa penumpang.

Kasubag TU Terminal Purabaya, Soesandi Ismawan saat dikonfirmasi Tim Adakitanews.com mengatakan, pemeriksaan kendaraan merupakan agenda rutin pihak terminal untuk memastikan bahwa bus yang beroperasi dan membawa penumpang dalam keadaan laik jalan. “Ini sebenarnya adalah kegiatan rutin. Hanya saja bertepatan dengan persiapan mudik lebaran, intensitasnya kita naikkan. Tadi sudah ada 11 bus yang kita keluarkan kosong,” ujarnya.

Soesandi menjelaskan, pemeriksaan dilakukan secara penuh terhadap kondisi kendaraan. Mulai dari lampu, rem, wiper, spion, spidometer, alat kelengkapan darurat, hingga surat-surat kendaraan. Bus yang kedapatan tidak memiliki kelengkapan langsung mendapatkan sanksi tertulis berupa catatan kepada pihak perusahaan hingga dilarang mengangkut penumpang. “Ada yang kita beri peringatan, ada yang langsung tidak kita perbolehkan membawa penumpang,” imbuhnya.

Salah satunya Bus Ladju jurusan Surabaya – Bondowoso yang kedapatan hanya memiliki 1 wiper. Oleh petugas, bus tersebut kemudian diberi peringatan agar segera melengkapi satu wiper lagi. “Standarnya wiper harus ada 2,” tegas petugas kepada awak bus.

Sementara itu, awak bus Ladju, Kusnadi mengaku sesuai dengan arahan petugas Terminal Purabaya, pihaknya akan segera melengkapi dan memasang 1 wiper di bus yang dibawanya. “Ini kurang 1 wiper. Nanti segera kami lengkapi,” ujarnya.

Dari pantauan di lapangan, setiap bus yang hendak keluar dari terminal pemberangkatan diperiksa oleh petugas. Ada petugas yang berada di luar bus untuk memeriksa lampu dan alat kelengkapan lain, ada juga yang memeriksa bagian dalam bus. Setelah pemeriksaan dirasa cukup, bus dimundurkan beberapa meter dan kemudian diminta kembali melajukan kendaraannya sebelum akhirnya diminta menunjukkan kondisi remnya.(kur)

Keterangan Gambar: Pemeriksaan bus yang akan keluar dari Terminal Purabaya.(foto: kurniawan)