width=

ADAKITANEWS, Sidoarjo – PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) kembali memperluas jaringan pipa gas bumi nasional. Bahkan saat ini sedang diselesaikan pembangunan pipa distribusi gas bumi sepanjang 30 kilometer di wilayah Kalisogo-Waru. Nantinya, proyek pipa gas Kalisogo-Waru tersebut dapat dimanfaatkan para calon pelanggan di bidang industri pakan, food baverage, keramik serta kawasan industri baru di sekitar wilayah Sidoarjo

Direktur PGN, Dilo Seno Widagdo dalam pers rilisnya di Jakarta pada Senin (13/06) mengatakan, selain proyek Kalisogo-Waru sepajang 30 kilometer, PGN juga sedang menyelesaikan pembangunan pipa distribusi gas bumi rumah tangga di Surabaya sepanjang 167 kilometer. Proyek yang merupakan penugasan dari pihak pemerintah kepada PGN tersebut nantinya akan dialirkan ke 24.000 rumah tangga yang ada di wilayah Surabaya Tengah, Surabaya Timur, dan Surabaya Selatan.

“Proyek pipa gas bumi ini akan semakin memperluas jaringan pipa gas PGN di Jawa Timur. Proyek-proyek tersebut merupakan gambaran, bahwa PGN terus berkomitmen memperbanyak dan memperluas infrastruktur pipa gas bumi nasional serta upaya untuk terus membuka wilayah-wilayah baru pengguna gas bumi di berbagai daerah selama ada jaminan alokasi atau pasokan gas di wilayah tersebut,” ujar Dilo.

Khusus di wilayah Jawa Timur, PGN telah menyelesaikan 2 proyek baru pembangunan pipa gas bumi, yakni proyek pipa gas di wilayah Jetis-Ploso, Mojokerto-Jombang sepanjang 27 kilometer yang dapat memasok gas hingga 65 juta kaki kubik per hari (MMSCFD). Kedua adalah proyek pipa gas bumi Kejayan-Purwosari di Pasuruan sepanjang 15 kilometer yang dapat menyalurkan gas bumi hingga 5 juta kaki kubik per hari.

Selesainya dua proyek pipa gas bumi tersebut menambah panjang pipa gas bumi PGN di Jawa Timur. Sebelum dua proyek itu rampung, PGN sudah mengoperasikan pipa gas di Surabaya sepanjang lebih dari 493 kilometer, di Sidoarjo lebih dari 313 kilometer dan di Pasuruan sepanjang lebih dari 189 kilometer.

Hingga saat ini, diketahui PGN telah membangun dan mengoperasikan pipa gas bumi mencapai lebih dari 7.000 kilometer yang setara dengan 76 persen dari total pipa gas bumi secara nasional dengan pelanggan yang tersebar di berbagai wilayah mulai dari Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, sampai Papua.

PGN juga telah menyalurkan gas bumi ke lebih dari 116.400 pelanggan rumah tangga, 1.879 usaha kecil, mal, hotel, rumah sakit, restoran, rumah makan, serta 1.576 industri berskala besar dan pembangkit listrik.

Pada 2015, menyalurkan gas bumi oleh PGN bahkan mencapai 1.591 juta kaki kubik per hari sekaligus menciptakan penghematan bagi nasional sebesar Rp 88,03 triliun per tahun.

Sementara itu, Sales Area Head PGN Sidoarjo, Andaya Endy Saputra menambahkan, untuk wilayah Sidoarjo PGN sudah menyalurkan gas bumi ke 5.218 pelanggan baik ke rumah tangga maupun ke industri. Dengan tambahan infrastruktur pipa gas di Sidoarjo, akan semakin banyak rumah tangga, industri dan lainnya yang menikmati pasokan gas bumi dari PGN.(*/kur)

Keterangan gambar: Proyek penyelesaian jaringan pipa gas bumi nasional.(ist)