ADAKITANEWS, Jombang – Jebolnya tanggul Avur Besuk di Dusun Gedunggabus Desa/Kecamatan Bandarkedungmulyo Kabupaten Jombang mengakibatkan sejumlah lahan pertanian milik warga tergenang air dan menimbulkan protes warga sekitar, Jumat (26/01).

Musnan, 50, salah satu warga setempat yang lahan pertaniannya juga menjadi korban atas jebolnya tanggul Avur Besuk itu mengatakan bahwa tanggul jebol sekitar pukul 01.00 WIB. Dengan jebolnya tanggul tersebut, seketika air langsung menenggelamkan sejumlah tanaman yang berada di persawahan. “Air sungai meluap ke area persawahan milik warga, termasuk milik saya,” ungkap Musnan menceritakan.

Jebolnya tanggul Avur Besuk yang mengakibatkan puluhan hektare sawah milik warga terendam air itu, diakibatkan dampak dari pembangunan jalan tol Solo-Kertosono. Hal tersebut dikatakan oleh Camat Bandarkedungmulyo, Mahmudi, saat mendampingi puluhan warga dari dua desa yakni Desa Gondangmanis dan Desa Bandarkedungmulyo Kecamatan Bandarkedungmulyo, yang mendatangi kantor proyek PT Lusi Pratama Jaya, Jumat (26/01).

“Ceritanya dulu memang tanggul sengaja dijebol untuk stan pemasangan tiang pancang proyek tol. Namun belum dikembalikan secara sempurna sehingga saat debit air tinggi membuat tanggul jebol,” tandasnya.

Dari data yang berhasil dihimpun oleh Tim Adakitanews.com melalui Camat Bandarkedungmulyo, bahwa terdapat tanaman padi milik warga yang terendam air dan berpotensi rusak mencapai 50 hektare. Yakni 25 hektare di Dusun Kalipuro Desa Bandarkedungmulyo, dan 25 hektare di Dusun Prayungan Desa Gondangmanis.

Sementara, Mahmudi juga menegaskan bahwa aksi warganya tersebut guna menuntut ganti rugi serta meminta PT Lusi Pratama Jaya untuk memperbaiki jalan kampung yang rusak akibat aktivitas proyek. “Hari ini juga tuntutannya harus dibenahi,” tegasnya.

Terpisah, Komersial Manajer PT Lusi Pratama Jaya, Angga Febrianto mengatakan pihaknya akan memenuhi segala tuntutan warga sesuai kesepakatan. “Untuk kompensasi kita diskusikan dengan CRBC selaku main kontraktor kami. Batasan seminggu sehingga nanti ada pertemuan kembali,” terangnya.(ar)

Keterangan gambar: Kondisi tanggul Avur Besuk yang jebol di Dusun Gedunggabus Desa/Kecamatan Bandarkedungmulyo.(ist)