Tangkap 4 Pengedar, Amankan 15 Ribu Butir Pil Dobel L

436

ADAKITANEWS, Kota Blitar – Dalam kurun waktu 24 jam, Satreskoba Polres Blitar Kota berhasil menangkap 4 pengedar pil dobel L di wilayah mereka.

Keempat tersangka adalah M Rozikin, 23, warga Desa Siraman Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar, Aditya Bayu Hariyanto, 22, warga Desa Ploso Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar, Purwanto, 26, warga Desa Siraman Kecamatan Kesamben Kabupten Blitar, dan Mardiono, 37, warga Desa Selopuro Kecamatan Selopuro Kabupaten Blitar.

Kapolres Blitar Kota, AKBP Adewira Negara Siregar mengatakan, penangkapan semua tersangka dilakukan pada Selasa (13/02), berdasarkan hasil pengembangan dari salah satu tersangka, dengan barang bukti total 15.407 butir pil dobel L.

“Keempat pelaku berhasil kita amankan kurang dari 12 jam. Proses selanjutnya, keempat tersangka akan dilakukan penyidikan, kemudian diajukan ke Pengadilan,” kata Kapolres, Senin (19/02).

Lebih lanjut Kapolres menjelaskan, keempat pelaku dijerat dengan undang-undang nomor 36 tentang kesehatan, yaitu menjual sediaan farmasi tanpa izin dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara. “Jadi ini termasuk obat yang berbahaya. Mereka mendapatkan pil ini dari luar kota,” pungkasnya.

Sementara itu menurut pengakuan pelaku, Mardiono, ia membeli satu kantong pil dobel L isi 1.000 butir dengan harga Rp 600 ribu. Kemudian ia menjualnya dengan harga Rp 750 ribu. “Saya dapatkan dari Kediri. Perkantong untung Rp 150 ribu,” ujarnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: AKBP Adewira Negara Siregar, Kapolres Blitar Kota saat menunjukkan barang bukti.(foto : fathan)