ADAKITANEWS, Blitar – Seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemerintah Kabupaten Blitar diamankan polisi usai terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang digelar Polres Blitar, Jumat (09/03).

Tersangka Bambang Cahyo Widodo, 52, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Kelurahan Garum tersebut di-OTT petugas saat berada di rumahnya sendiri, di Kelurahan/Kecamatan Garum RT 4/RW 1 Kabupaten Blitar.

Kapolres Blitar, AKBP Slamet Waloya mengatakan, dari hasil OTT yang dilakukan petugas, tersangka ditangkap di rumahnya berikut sejumlah barang bukti berupa uang tunai sebesar Rp 9 juta beserta dokumen surat tanah.

“Selain uang, kita juga menyita beberapa dokumen, diantaranya berkas turunan letter C yang sudah dipecah. Saat ini kasus tersangka sedang kita lakukan pengembangan. Dan tersangka juga kita lakukan penahanan oleh penyidik Satreskrim Polres Blitar,” kata Kapolres Blitar AKBP Slamet Waloya, Senin (12/03).

Kasus ini, lanjut Kapolres, disebut telah melewati masa penyelidikan selama 3 bulan. Aksi yang dilakukan tersangka berhasil tercium petugas berkat laporan dari masyarakat yang keberatan dengan ulah Lurah nakal tersebut. Dimana setiap kali mengajukan permohonan pecah tanah, tersangka meminta upeti Rp 1,5 juta. Selain itu, aksi pelaku diduga sudah dilakukan lebih dari satu kali.

“Modus yang dilakukan oleh tersangka yakni menarik pungutan yang tidak tercantum dalam tarif penerimaan negara bukan pajak kepada masyarakat yang mengurus sertifikat tanah,” jelasnya.

AKBP Slamet menuturkan, petugas kini masih mendalami keterkaitan pelaku dengan tersangka lainnya. Sedangkan uang yang disita petugas merupakan uang hasil upeti yang diserahkan oleh para korbannya. Kini pelaku akan meringkuk di tahanan Mapolres Blitar untuk proses pemeriksaan lebih lanjut.

“Pelaku diduga melanggar Pasal 12 huruf E sub Pasal 11 UURI No 20 Tahun 2001 tentang Perubahan UURI 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dengan ancaman 15 tahun penjara,” pungkasnya.(fat/wir)

Keterangan gambar: Kapolres Blitar, AKBP Slamet Waloya saat menunjukkan barang bukti.(foto : fathan)

https://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/03/adakitanews20180312_194607-1024x576.jpghttps://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2018/03/adakitanews20180312_194607-150x150.jpgREDAKSIHukum Kriminaladakitanews,Berita,blitar,kades,ott,pemkab blitar,pungli
ADAKITANEWS, Blitar - Seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemerintah Kabupaten Blitar diamankan polisi usai terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang digelar Polres Blitar, Jumat (09/03). Tersangka Bambang Cahyo Widodo, 52, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Kelurahan Garum tersebut di-OTT petugas saat berada di rumahnya sendiri, di Kelurahan/Kecamatan...