ADAKITANEWS, Kota Madiun – KPUD Kota Madiun kembali mengadakan kegiatan yang melibatkan masyarakat, Minggu (12/11). Melalui jalan sehat bersama KPUD Kota Madiun sekaligus sebagai sarana menyampaikan informasi kepada masyarakat bahwa tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan Walikota dan Wali Kota Madiun sudah dimulai.

Sasongko selaku Ketua KPUD Kota Madiun menyatakan, jika nantinya pada Pilkada 2018 ditargetkan angka partisipasi masyarakat bisa mencapai 85 persen. “KPUD Kota Madiun menargetkan saat pelaksanaan pemungutan suara 27 Juni 2018 mendatang sekitar 80 persen hingga 85 persen partisipan,” jelas Sasongko.

Sasongko mengatakan, target tersebut didasari lantaran pada pilkada sebelumnya angka partisipan di Kota Madiun mencapai 70 persen. Pihaknya pun optimis melalui berbagai tahapan yang terus dipublikasikan, angka tersebut bisa tercapai.

Di hadapan awak media, Sasongko menyampaikan jika hingga saat ini pihak KPUD Kota Madiun sudah membentuk PPK dan PPS yang keanggotaannya sudah terpilih dan bakal dilantik pada 23 November mendatang.

Nada optimis juga disampaikan Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Eko Sasmito. Ia sangat berharap agar setiap pelaksanaan tahapan pemilu bisa berjalan sesuai aturan perundangan yang belaku. “KPU Provinsi Jawa Timur sendiri untuk pelaksanaan pilkada serentak pada tahun 2018 nanti mempunyai target jumlah partisipan mencapai 77,5 persen di seluruh Jawa Timur,” jelas Eko Sasmito.

Eko menjelaskan jika hingga saat ini kinerja dari KPUD Kota Madiun sudah berjalan sesuai dengan aturan yang ada. “Jika ditemukan pelanggaran maka bisa saja pihak KPUD akan mendapatkan sanksi dari KPU Provinsi baik administrasi, teguran maupun sanksi lainnya,” tegas Eko.

Sementara itu Walikota Madiun, Sugeng Rismiyanto juga berharap agar perhelatan Pilkada serentak bisa berjalan dengan baik dan sukses. “Saya harapkan nantinya seluruh masyarakat ikut berpartisipasi dalam pilkada tersebut khususnya bagi anak muda sebagai pemilih pemula,” harap Sugeng.

Sugeng juga menyampaikan pesan khusus kepada pihak KPUD Kota Madiun untuk memberikan informasi terkait pemilu kepada pemilih pemula.(bud)

Keterangan gambar : Walikota Madiun, Ketua DPRD Kota Madiun, Ketua KPUD Kota Madiun jalan bareng bersama warga Kota Madiun dan suasana launching tahapan Pilkada 2018.(foto : budiyanto)