ADAKITANEWS, Kota Madiun – Dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-89 tahun 2017, puluhan mahasiswa dari Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar beberapa tari-tarian yang berasal dari mereka, yang dipusatkan di Alun-alun Kota Madiun, Minggu (29/10).

Sejak pagi pelataran pendapa alun-alun Kota Madiun tampak sudah dipenuhi oleh pemuda dan pemudi dengan menggunakan berbagai macam pakaian adat NTT. Selain untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda, kegiatan Pentas Seni Provinsi NTT tersebut juga dilaksanakan sebagai bentuk dukungan para pemuda kepada NKRI, serta bukti nyata keragaman budaya nusantara sebagai persatuan dan kesatuan bangsa.

Tokoh NTT yang berada di Kota Madiun, Jansen mengaku sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. “Di Madiun dan sekitarnya ada sekitar 1.500 masyarakat NTT, baik yang bekerja maupun yang masih menempuh pendidikan,” katanya.

Sementara itu Armaya, Wakil Walikota Madiun yang hadir mewakili Walikota Madiun juga mengatakan sangat mendukung kegiatan pentas seni budaya lokal seperti itu. “Kedepan dengan bekerjasama dengan Dinas terkait utamanya Disbudparpora akan kita adakan pentas budaya seperti ini,” jelas Armaya.

Diketahui, tarian yang ditampilkan dalam acara tersebut diantaranya tari Tebe yang berasal dari Kota Belo, NTT, serta tari Caci dari Flores. Tari Caci sendiri merupakan tari perang sekaligus permainan rakyat, dimana antar penari yakni sepasang lelaki yang menggunakan cambuk dan tameng.

Tarian Caci biasanya dimainkan saat syukuran musim panen, ritual tahun baru, pembukaan lahan serta upacara besar adat lainnya, termasuk penyambutan tamu penting.(bud)

Keterangan gambar : Kostum penari Caci dan salah satu tarian yang dipentaskan.(foto : budiyanto)

https://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/291017-bud-madiun-ntt1-1024x768.jpghttps://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/291017-bud-madiun-ntt1-150x150.jpgREDAKSIDaerahadakitanews,Berita,madiun,ntt,Sumpah Pemuda,tari tradisional
ADAKITANEWS, Kota Madiun – Dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-89 tahun 2017, puluhan mahasiswa dari Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar beberapa tari-tarian yang berasal dari mereka, yang dipusatkan di Alun-alun Kota Madiun, Minggu (29/10). Sejak pagi pelataran pendapa alun-alun Kota Madiun tampak sudah dipenuhi oleh pemuda dan pemudi dengan menggunakan...