width=

Kediri(adakitanews.com) — Awal tahun 2021, Kediri diguyur hujan lebat pada sore hari hingga malam, Jumat (1/1/2021). Akibatnya, tebing yang berada di lereng Gunung Wilis longsor.

Lokasi kejadian ini berada di Dusun Berubah Desa Blimbing Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri. Bahkan, satu rumah warga rusak akibat tertimbun longsoran tanah.

Han Aswara, salah satu perangkat desa setempat menjelaskan, rumah yang tertimpa longsor milik Pujiono. Rumah tersebut termasuk bangunan semi permanen, karena sebagian besar terbuat dari kayu

“Kejadian sekitar pukul 18.00 WIB, sebelumnya daerah sini turun hujan lebat,” katanya, Sabtu (2/1/2021).

Han memperkirakan tebing yang longsor tersebut mempunyai tinggi kurang lebih 15 meter. “Untuk lebarnya kurang lebih 8 meter, lokasinya tepat di belakang rumah pak Pujiono,” ujarnya.

Saat kejadian, lanjutnya, Pujiono berada di dalam rumah bersama istri dan anaknya yang masih bayi. Beruntung mereka dapat menyelamatkan diri.

“Mereka lari ke luar rumah setelah mendengar suara gemuruh. Tanah longsor menimpa bagian belakang rumah. Ini bukan kali pertama, setidaknya sudah ketiga kalinya dan ini paling parah,” tuturnya.

Pascalongsor, kata Han, warga pun segera bergotong royong untuk membersihkan sisa tanah yang menimbun bangunan rumah milik Pujiono.

Warga berencana, sambungnya, setelah membersihkan tanah akan membantu merenovasi rumah tersebut. “Selain rumah pak Pujiono, ada lima rumah lainnya yang rawan terkena longsor,” ucapnya.

Pasalnya, lima rumah warga tersebut berada di lereng Gunung Wilis dan beberapa bagian tebing muncul retakan. “Kami juga mengimbau, apabila turun hujan lebih dari tiga jam, segera mengungsi. Apalagi hujan turun lebih dari tiga jam,” pungkasnya. (Oky)