2015-11-27_10.04.43ADAKITANEWS, Kota Kediri- Dalam memperingati hari PGRI dan KORPRI, Abdullah Abu Bakar Walikota Kediri menggelar gerakan Kali Brantas bersih tanpa sampah. Gerakan itu, dimaksudkan untuk menumbuhkan habit positif sekaligus sebuah langkah preventif bagi pembuang sampah sembarangan.

Data yang dihimpun Tim Adakitanews.com, ribuan siswa-siswi di tingkat Sekolah Dasar(SD) hingga Sekolah Menengah Atas(SMA) se-Kecamatan Kota Kediri turut berpartisipasi dalam acara yang langsung didatangi oleh Walikota termuda itu. Acara tersebut, berlangsung meriah dan nampak para peserta bahu-membahu dalam membersihkan sampah yang mengotori bantaran kali Brantas.

“Gerakan bersih-bersih bantaran sungai Brantas ini, agar pola hidup warga Kota Kediri benar dan lebih bijak dalam menyikapi sampah,”ungkap Abdullah Abu Bakar Walikota Kediri, Jum’at(27/11).

2015-11-27_10.03.46Menurut Mas Abu sapaan akrabnya, setelah bantaran sungai Brantas bersih dan sudah tidak ada lagi masyarakat yang membuang sampah di sekitarnya. Maka, imbuhnya, pihak Pemkot Kediri akan membuka ruang publik di bantaran itu, dengan harapan mampu dijadikan sebuah wahana bermain sekaligus tempat rekreasi oleh warga Kota Kediri.

“Mohon do’a restunya, nanti pihak Pemkot akan membangun wahana bermain dan berolahraga serta rekreasi diatas bantaran Sungai Brantas ini,”jelasnya.

Mas Abu juga berharap, dengan adanya acara-acara yang melibatkan banyak elemen masyarakat maka kemajuan diberbagai sektor akan segera tercapai dengan baik. Diakuinya, jika pejabat pemerintahnya baik warganya guyup rukun, maka sudah waktunya Kota Kediri menjadi panutan bagi Kota-Kota lain dalam mendewasakan warganya.

“Warga Kota Kediri itu lebih dewasa dan kamipun berharap bagi mereka untuk lebih bijak menyikapi sampah demi Kota Kediri tercinta ini,”jelasnya.

2015-11-27_10.02.47Sementara, Moh. Syauqi siswa kelas XII di salah satu SMA di Kota Kediri merasa banyak ilmu dan pengalaman yang dipetik dari acara tersebut. Karena, pihak penyelenggara juga turut andil dalam membersihkan sampah yang berserakan itu.

“Bapak Walikota (Abdullah Abu Bakar-red) tidak mengajarkan teori saja, beliau juga rela memungut sampah demi terciptanya Kota Kediri yang bersih dan menjadi tolak ukur Kota lain dalam memajukan daerahnya,”urainya.(adv/hms/blot)

Keterangan Gambar : Warga Kota Kediri bersatu padu membersihkan kali Brantas.