ADAKITANEWS, Sidoarjo – Bagi pengendara yang suka kebut-kebutan mulai saat ini harus mulai menghilangkan kebiasaan tersebut jika tidak ingin kena tilang. Pasalnya, kini Satlantas Polresta Sidoarjo mempunyai speed gun, sebuah alat mirip pistol yang berasal dari Korlantas Polri untuk mengukur kecepatan pengendara baik roda dua maupun roda empat.

Nantinya, selain dioperasikan di Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL) Kota Sidoarjo, Speed Gun juga akan dioperasikan saat razia lalu lintas. Pengendara yang memacu kendaraannya di luar batas atas kecepatan yang ditentukan, akan tercatat dan ditilang.

Kasat Lantas Polresta Sidoarjo, Kompol Wahyu Endrajaya mengatakan batas kecepatan atas di dalam kota adalah 50 km/jam, untuk kecepatan antar kota dalam provinsi 80 km/jam dan untuk di dalam Tol sendiri adalah 100 km/jam. “Itu sesuai yang tertuang dalam Permenhub RI nomor 111 tahun 2015 pasal 3 ayat 4,” katanya Kamis, (26/10).

Menurutnya alat tersebut terdiri dari laser sensor pengukur laju kecepatan, kamera penangkap kendaraan, software speed gun, dan sebuah alat smart phone yang sudah disetting software tertentu. “Saat penggunaan alat ini setiap kendaraan yang melintas akan ketahuan berapa kecepatan dan jaraknya,” ujarnya.

Kompol Wahyu menjelaskan teknis penggunaan alat ini menggunakan dua tim. Tim pertama bertugas membawa Speed Gun dan tim kedua membawa Smart Phone yang sudah terkoneksi dengan Speed Gun. “Radius tim pertama dan tim kedua kurang lebih 500 meter. Jika terdeteksi melanggar, maka akan kami tilang dengan bukti berupa foto, kecepatan, dan jaraknya,” jelasnya.

“Alat ini ini untuk menekan angka korban kecelakaan. Karena banyaknya pelanggar batas kecepatan di jalan raya,” pungkasnya.(pur)

Keterangan gambar : Kasat Lantas Polresta Sidoarjo, Kompol Wahyu Endrajaya saat mengoperasikan speed Bun.(foto: mus purmadani)

https://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/261017-pur-sidoarjo-speed-gun-1024x577.jpghttps://www.adakitanews.com/wp-content/uploads/2017/10/261017-pur-sidoarjo-speed-gun-150x150.jpgREDAKSIHukum Kriminaladakitanews,Berita,satlantas polresta sidoarjo,sidoarjo,speed gun
ADAKITANEWS, Sidoarjo – Bagi pengendara yang suka kebut-kebutan mulai saat ini harus mulai menghilangkan kebiasaan tersebut jika tidak ingin kena tilang. Pasalnya, kini Satlantas Polresta Sidoarjo mempunyai speed gun, sebuah alat mirip pistol yang berasal dari Korlantas Polri untuk mengukur kecepatan pengendara baik roda dua maupun roda empat. Nantinya, selain...