ADAKITANEWS, Tulungagung – Pemerintah Kabupaten Tulungagung, meluncurkan varietas baru tanaman tembakau yakni varietas Gagang Rejeb Sidi. Varietas ini merupakan varietas unggul tanaman tembakau yang dimiliki Tulungagung.

Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo mengatakan varietas Gagang Rejeb Sidi diluncurkan setelah dinyatakan lolos uji dan mendapatkan pengesahan dari Menteri Pertanian, berdasar Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor : 648/Kpts/KB.010/10/2017.

“Sebenarnya varietas lokal tanaman tembakau di Kabupaten Tulungagung ada enam, yaitu Gagang Jembrak, Gagang Ijo, Gagang Jae, Rejeb Kerep, Rejeb Arang dan Gagang Rejeb Sidi. Namun yang lolos uji baru Gagang Rejeb Sidi,” kata Bupati Tulungagung Syahri Mulyo, usai peluncuran varietas Tembakau Gagang Rejeb Sidi di Desa Wates, Kecamatan Campurdarat, Jumat (17/11).

Syahri menuturkan, dengan lolosnya varietas ini, diharapkan dapat dikembangkan dan dibudidayakan, sehingga dapat meningkatkan perekonomian petani tembakau karena sudah menjadi brand milik Tulungagung.

“Varietas ini lebih baik. Semoga varietas ini dapat meningkatkan pendapatan petani tembakau dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tulungagung,” katanya.

Lanjut Bupati, Tulungagung yang memiliki areal tembakau seluas 1.619 hektare dengan hasil produksi rata-rata 2.441 ton per tahun, diharapkan dengan adanya varietas Gagang Rejeb Sidi ini akan lebih meningkat lagi.

Ia menuturkan dengan varietas Gagang Rejeb Sidi, dari sisi produksi bisa menghasilkan lebih banyak, selain umur panen selama 84,6 hst (hari setelah panen), karena daun bisa tumbuh hingga 22 helai, dengan panjang daun 49,6 sentimeter dan lebar 31,2 sentimeter. Sedangkan varietas di bawahnya hanya 20 helai daun.

Harapannya panen tembakau dari varietas Gagang Rejeb Sidi ini mampu menghasilkan tembakau kering 0,82 hingga 0,95 ton per hektare. “Kelebihan lainnya, tahan terhadap penyakit yang biasa menyerang tanaman tembakau, yaitu penyakit nematoda, bakteri, dan jamur yang sering membuat daun layu,” pungkas Syahri.(ta1)

Keterangan gambar : Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo (dua dari kanan) bersama Wabup, Maryoto Birowo, Kadis Pertanian menunjukkan hasil rajangan tembakau varietas Gagang Rejeb Sidi.(foto : acta cahyono)