Terdeteksi X-Ray, Lapas Kediri Gagalkan Penyelundupan Hp Lewat Roti Tawar

Kediri(adakitanews.com)—Petugas Layanan Kunjungan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kediri berhasil menggagalkan penyelundupan handphone, Selasa (22/11/2022).

Upaya tersebut terbongkar usai petugas memeriksa barang makanan berupa roti tawar besar yang mencurigakan terlihat dari hasil terdeteksi pemeriksaan mesin X-ray.

“Kejadian itu diketahui saat proses penggeledahan barang titipan bagi salah satu napi atas kasus narkotika,” jelas Ario Galih Maduseno, Kepala KPLP (Kesatuan Pengamanan Lembaga Permasyarakatan) Lapas Kediri, Selasa (22/11/2022).

Galih menjelaskan, berawal dari petugas Lapas Kediri yang bertugas piket pada bagian penggeledahan barang. Saat dilakukan pemeriksaan menggunakan mesin X-ray, petugas operator menemukan tanda visual mencurigakan yang tampil dilayar monitor.

Setelah dilakukan penggeledahan secara mendetail oleh petugas, ditemukan bungkusan mencurigakan berwarna putih di dalam roti tawar.

“Petugas membuka bungkusan tersebut dan isinya adalah dua handphone dan charger. Ini adalah salah satu modus dalam upaya menyelundupkan barang-barang terlarang yang akan masuk di Lapas Kediri,” jelasnya.

Usai temuan tersebut, pihak Lapas langsung berkoordinasi dengan Polres Kediri Kota untuk proses lebih lanjut. Mengingat sasaran pengiriman merupakan warga binaan dengan kasus narkotika.

“Ini adalah bentuk sinergi bersama untuk proses pengembangan, terkait ada tidaknya indikasi transaksi barang haram,” tandasnya.(Gar).

Recommended For You