ADAKITANEWS, Sidoarjo – Peringatan Hari Pahlawan, 10 Nopember menjadi momen berharga bagi puluhan karyawan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Sidoarjo serta kalangan pelajar di Sidoarjo. Salah satunya dengan berziarah serta menggelar acara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Jalan Pahlawan Sidoarjo, sebagai rasa terimakasih mereka atas jasa para pahlawan mewujudkan kemerdekaan, Kamis (10/11/).

Tabur bunga yang diikuti oleh puluhan karyawan itu dipimpin langsung oleh Kepala KPP Madya Sidoarjo, Teguh Imam Wirotomo setelah sebelumnya mereka menggelar upacara di area TMP. “Kegiatan ini untuk mengenang jasa para pahlawan. Karena perjuangan para pahlawan, kita bisa merdeka seperti ini,” kata Teguh Imam Wirotomo.‎

Momen Hari Pahlawan, tambah Teguh, juga dipakai sebagai ajang mempererat persatuan dan kesatuan, khususnya di kalangan karyawan KPP Madya Sidoarjo. Ia mengaku prihatin dengan kondisi negara yang saat ini ada indikasi perpecahan. Makanya dirinya bersama pegawai KPP Madya Sidoarjo berziarah untuk mengenang para pahlawan, sekaligus memperserat persatuan dan kesatuan. ‎

“Pahlawan tempo dulu itu berjuang bersama dan mempererat serta mengutamakan persatuan kesatuan bangsa. Makanya bagi kami NKRI itu harga mati,” tegasnya.‎

Sementara itu di lokasi yang sama, sekitar 20 siswa dan siswi asal SMA Al Muslim Waru juga melakukan aksi yang sama. Kegiatan tabur bunga dan bersih-bersih area TMP Sidoarjo dilakukan para siswa sebagai penghormatan atas jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan.

Selain menggelar tabur bunga dan bersih-bersih area makam, para siswa juga membagi-bagikan stiker bertuliskan “10 November Hero Day” Pahlawan Masa Kini.

Humas SMA Al Muslim, Azam Alfian Dinata mengatakan, sekolah sengaja mendatangkan para siswa ke lokasi TMP untuk mengingatkan sekaligus menanamkan nilai-nilai kepahlawanan. “Kedatangan kami untuk mengingatkan para generasi muda dan menanamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada para siswa,” katanya.

Ditambahkan Azam, momen Hari Pahlawan juga diharapkan mampu meningkatkan rasa nasionalisme, khususnya bagi para siswa sebagai generasi penerus perjuangan bangsa.(kur)

Keterangan gambar: Aksi teaterikal karyawan KPP Madya Sidoarjo dan aksi bagi-bagi stiker siswa SMA Al Muslim Waru.(ist)